REKTOR UNSRI AKAN MEMBACAKAN AL-QUR’AN DI MTQMN XIV


Ada kejutan dalam perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional (MN) XIV di Kampus Universitas Indonesia (UI). Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, insya Allah akan tampil membacakan Al-Qur’an di depan seluruh peserta, pembina dan panitia acara.
Direktur Kemahasiswaan UI, Dr. H. Arman Nefi, SH, MH, yang juga ketua panitia MTQMN XIV dari UI, menyatakan hal itu dalam konferensi pers di Balai Kirti, Kampus UI, Depok, pada Senin (27/7).

“Atas permintaan langsung Rektor UI, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Anis, M.Met, alhamdulilah Rektor Unsri, Prof. Anis Saggaf, bersedia untuk memperlihatkan kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an di depan seluruh peserta MTQ MN XIV ini,” tutur Arman pada Senin (27/7).
Ketua Dewan Juri MTQMN XIV, Prof. Dr. KH. Said Agil Husin Al Munawar, MA, lanjutnya, juga akan memperlihatkan kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an bersama-sama dengan Rektor Unsri dalam sesi haflah qari’ dan qari’ah ini.
Arman pun merasa bersyukur karena jumlah peserta MTQMN XIV ini mengalami kenaikan sekitar 20 hingga 25 persen dibandingkan MTQMN XIII sebelumnya, dengan jumlah 1.683 peserta dari 167 perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS). “Alhamdulilah, jumlah peserta MTQMN XIV ini meningkat 20-25 persen dibandingkan sebelumnya,” tutur Arman.
Menurutnya, nuansa perhelatan MTQMN XIV ini juga berbeda dari MTQMN sebelumnya karena adanya nuansa internasional dengan penampilan seni dan budaya dari negara-negara sahabat berpenduduk mayoritas Muslim. ”Selain 13 cabang utama yang diperlombakan, ada pula cabang tambahan baru, yakni lomba desain aplikasi WEB Al-Qur’an,” paparnya.
Adapun pawai ta’aruf para peserta, official, pembina dan dewan juri MTQMN XIV nanti, lanjutnya, akan bertempat di lingkungan kampus UI, Depok, pada Jum’at (31/7) siang, lalu malam harinya para peserta akan dijamu di Balai Kota Depok oleh Wali Kota Depok, Dr. Ir. H. Nur Mahmudi Ismail.
“Selama pehelatan MTQMN XIV ini berlangsung, insya Allah setiap hari akan ada tabligh akbar di Masjid Ukhuwah Islamiyah di kampus UI Depok, ba’da Dzuhur, oleh beberapa muballigh dan ulama seperti Ustadz Arifin Ilham, pimpinan Majelis Adz-Dzikra,” papar Arman.
Berdasarkan press release yang diterima oleh DMI.OR.ID, tercatat sejumlah ulama dan muballigh akan mengisi rangkaian tabligh akbar setiap hari, yakni Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Dr. Hidayat Nur Wahid, dengan judul ceramah Al-Qur’an, Bangun Peradaban Bangsa, pada Ahad (2/8).
Ada pula Pimpinan Majelis Adz Dzikra, Ustadz Arifin Ilham, dengan judul ceramah Indahnya Hidup dengan Dzikir dan Al-Qur’an pada Senin (3/8). Dan pembina Radio Silaturrahim, Ustadz Husein Alatas, dengan judul ceramah Renungan di bawah naungan Al Qur’an, pada Rabu (5/8).
Dari negeri serumpun Singapura, hadir pula Chairman Kampung Siglap Mosque Management Board/ Singapore Darul Qur’an, Nailul Hafiz bin Abdul Rahim, dengan judul ceramahManajemen Modern dalam Pengelolaan Masjid: Sharing dari Masjid Kampung Siglap, Singapura, pada Selasa (4/8).
Penceramah lainnya ialah pimpinan Pondok Pesantren Darul Qur’an, Ustadz Yusuf Mansyur, dengan judul ceramah Membangun Masyarakat Qur’ani pada Jum’at (7/8). Hadir pula dari kalangan selebritis, Derry Sulaiman, yang akan berbagi pengalaman dakwah dengan peserta MTQMN XIV UI pada Jum’at (7/8).
Panitia juga akan menghadirkan penulis novel terkenal Ayat-Ayat Cinta, Habiburrahman el Shirazy, dalam acara Malam Kesenian pada Ahad (2/8) dengan tema Al-Qur’an Sebagai Inspirasi Berkarya di panggung utama MTQMN XIV.
Hadir pula aktris Oki Setiana Dewi yang akan menjadi narasumber dalam talkshow bertajukFashion Muslimah Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) pada Ahad (2/8).
Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani



Source : dmi.or.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "REKTOR UNSRI AKAN MEMBACAKAN AL-QUR’AN DI MTQMN XIV"

Post a Comment