Saatnya Maba Belajar Hal Baru

Transisi dari status pelajar menjadi mahasiswa tentu disertai sejumlah perubahan. Sebagai mahasiswa baru, kamu pun akan mendapatkan sejumlah pelajaran berharga.
Apa saja?
1. Kamu akan bekerja lebih keras
Untuk bisa meraih nilai indeks prestasi (IP) yang baik, kamu harus bekerja keras mewujudkannya. Kamu akan butuh membaca banyak buku teks, melakukan riset dan menulis makalah.
2. Tetap sehat

Jadwal kuliah yang padat membuatmu kurang memperhatikan asupan makanan. Inilah waktunya untuk kamu bisa belajar memilah milih makanan apa yang tepat untukmu dan menjaga pola makan sehat.
3. Meminta bantuan
Ketika kuliah kamu akan banyak membutuhkan bantuan. Tidak ada salahnya meminta bantuan sejumlah teman untuk membimbingmu. Atau datangi dosenmu untuk bertanya materi yang belum jelas.
4. Belajar mengatur waktu
Sebagai mahasiswa kamu dituntut untuk bisa mengatur sebaik mungkin, apalagi bila kamu tinggal jauh dari orangtua. Kamu pun terpaksa belajar mengatur waktu sendiri mengingat tidak ada keluarga yang mengingatkan berbagai hal.
5. Belajar untuk dewasa
Untuk menjadi dewasa kamu harus mencoba walaupun gagal. Tahapan ini akan membantumu menemukan jati diri yang sesungguhnya dan apa yang membuatmu merasa nyaman melakukan sesuatu. Jadi hal yang wajar untuk kamu melakukan kesalahan, karena itu proses belajar menjadi dewasa.
6. Rencana masa depan akan berubah
Ketika kamu sudah masuk kuliah, kamu akan menemukan bahwa rencanamu lebih sedikit dari tindakan yang kamu lakukan. Bahkan, bisa jadi rencanamu jauh berubah dari masa SMA dulu. Kamu hanya perlu melakukan apa yang kamu cintai dan semuaya akan berjalan baik.
7. Kamu tidak perlu berutang pada orang lain
Mungkin kamu pernah merasa berutang atas kebaikan yang orang lain berikan padamu. Namun hal itu tidak perlu lagi kamu rasakan. Kamu hidup untuk diri sendiri sehingga kamu harus bisa merasakan damai dengan kehidupanmu tersebut.
8. Kamu akan tahu mana teman yang sebenarnya
Ketika SMA kamu mungkin memiliki sahabat, namun ketika kuliah kamu akan tahu siapa temanmu yang sebenarnya ketika mereka tidak lagi menghubungimu. Kesempatan menemukan sahabatmu sejati pun terbuka lebar. (afr)



Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saatnya Maba Belajar Hal Baru"

Post a Comment