Tips bagi Pelajar Tidak Lulus SBMPTN


Lebih dari setengah pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) belum berkesempatan mendapat kursi di perguruan tinggi negeri yang diimpikan. Namun jangan berputus asa, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menyikapi hasil tersebut.
Menurut Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rochmat Wahab, SBMPTN bukan satu-satunya jalur untuk bisa masuk ke PTN. "Harapan kami, PTN buka satu-satunya. Ada juga PTN yang masih membuka jalur mandiri, silakan ikut," ungkapnya di Kantor Kemendikbud, belum lama ini.

Kedua, pilih perguruan tinggi swasta (PTS). Namun jangan asal, tapi perlu selektif dalam memilih PTS. "Kalau masih kuliah, ya di PTS yang masih ada pendidikannya. Tapi juga liat PTS-nya yang kira-kira terjangkau," imbuh dia.
Rochmat mengimbau calon mahasiswa jangan terlalu fanatik dengan program studi (prodi) tertentu. Kalau perlu bergeser dengan prodi yang ada. Misalnya, ambil prodi di pilihan yang kedua, ketiga, atau keempat.
Pria berkacamata itu juga menambahkan bahwa yang terpenting adalah medapat gelar sarjana dahulu. Setelah itu, baru mengembangkan diri di jenjang S-2 atau S-3.
"Karena yang penting itu jadi sarjana dahulu. Baru nanti mau apa setelah kuliah atau bisa juga mengembangkan diri. Kalau enggak S-1-nya bisa S-2-nya, atau S-3-nya," tutup Rochmat.


sumber : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips bagi Pelajar Tidak Lulus SBMPTN"

Posting Komentar