Tips Meyakinkan Orangtua tentang Jurusan Kuliah


Beberapa calon mahasiswa mengalami hal tidak mengenakkan ketika orangtua mereka tidak setuju pada pemilihan jurusan kuliahnya. Padahal, bisa jadi jurusan itu memang diminati dan menjadi passion si anak.
So, buat kamu yang mengalami situasi tersebut, Okezone akan memberikan tips kepada kamu untuk meyakinkan para orangtua supaya memberikan izin kepada kamu untuk memilih dan mejalani jurusan yang kamu minati.

1. Berikan penjelasan
Kebanyakan orangtua tidak menyetujui anaknya memilih jurusan tertentu dikarenakan mereka tidak benar-benar mengetahui secara jelas tentang jurusan yang akan kamu ambil. Nah, saatnya kamu memberika penjelasan sejara rinci seputar jurusan tersebut. Selain itu, sertakan juga argumen yang kuat tentang alasan kamu memilih jurusan itu. Yakinkan mereka bahwa kamu benar-benar berminat dan tidak hanya terpengaruh ajakan teman atau pihak tertentu lainnya.
2. Tunjukkan bakat
Kalau orangtua kamu masih belum luluh dengan penjelasan yang kamu berikan, maka coba tunjukkan kepada mereka bahwa kamu memang memiliki bakat di jurusan yang kamu pilih tersebut. Contohnya, jika kamu ingin mengambil jurusan seni rupa, maka tunjukkan kepada mereka bahwa kamu memang memiliki bakat menggambar atau melukis. Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti lomba atau ikut kegiatan yang berhubungan bidang yang kamu minati itu. Tujuannya, supaya orangtuamu tahu bahwa kamu benar-benar berminat dan sudah sepatutnya masuk ke jurusan tersebut.
3. Buat kesepakatan
Buatlah kesepakatan dengan orangtuamu. Jika kamu memang benar-benar yakin akan pilihan jurusan itu, maka kamu harus berani berjanji bahwa kamu akan berhasil dan memperoleh hasil yang maksimal. Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan kepada mereka bahwa usiamu sudah cukup dewasa untuk mengambil keputusan besar, termasuk dalam memilih jurusan kuliah.
4. Bicarakan dengan baik

Orangtua adalah sosok yang harus kamu hormati. Jadi, dalam meyakinkannya, kamu juga harus menjaga sopan santun dengan bicara baik-baik. Jelaskan secara perlahan, sebab biar bagaimana pun orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya.



Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Meyakinkan Orangtua tentang Jurusan Kuliah"

Post a Comment