Tips Mudik untuk Mahasiswa

foto : mobavatar.com
Mudik merupakan budaya tahunan orang Indonesia dalam menyambut Lebaran. Pasalnya, momen tersebut bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga besar. Nah, buat kamu para mahasiswa yang menjalani mudik, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.
1. Tentukan transportasi mudik dan balik
Jika kamu termasuk dalam mahasiswa rantau, dari jauh-jauh hari sebaiknya kamu sudah memilih moda transportasi yang akan kamu gunakan dan segera pesan tiket. Sebab, kalau kamu tunda, kamu bisa kehabisan tiket dan sulit untuk pulang ke kampung halaman. Selain itu, jangan berangkat mudik terlalu mepet, karena semakin dekat dengan Lebaran, harga tiket akan semakin mahal. Padahal, sebagai mahasiswa, kamu harus mempertimbangkan pengeluaran.

2. Selesaikan tugas dan urusan kuliah
Sebelum pulang mudik, pastikan bahwa seluruh tugas kuliahmu sudah kamu selesaikan semua. Jangan sampai tugas-tugas kuliah tersebut mengganggu kebersamaanmu bersama keluarga
3. Mulai beli oleh-oleh
Jika kamu ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, carilah oleh-oleh yang bisa tahan lama. Kamu juga bisa mulai membeli jauh-jauh hari, sebelum toko oleh-oleh ramai. Begitu juga saat kamu kembali ke kosan dan ingin membawa oleh-oleh dari kampung halaman, sebaiknya kamu juga segera membelinya dan pastikan oleh-oleh yang kamu beli tahan lama dan harganya cukup terjangkau untuk kantong mahasiswa.
4. Catat barang-barang yang akan dibawa mudik
Saat akan mudik ataupun balik, catatlah barang-barang yang akan kamu bawa. Tujuannya, supaya kamu enggak kelupaan. Selain itu, ini berguna supaya barang yang kamu bawa benar-benar barang yang kamu butuhkan. Pastikan barang yang kamu bawa saat mudik sama dengan barang yang akan kamu bawa balik, apalagi jika barang tersebut kamu gunakan untuk perkuliahan.
5. Jangan bawa tas terlalu besar
Sebagai anak kos dan mahasiswa, rasanya kamu tidak perlu membawa koper yang besar saat mudik. Kamu bisa gunakan ransel untuk membawa barang-barang secukupnya saja. Terlebih, kamu akan pulang ke rumah orangtua sehingga pasti di sana kamu masih memiliki beberapa potong pakaian yang bisa kamu gunakan.
6. Bawa obat-obatan
Enggak ada salahnya saat perjalanan mudik ataupun balik kamu membawa obat-obatan, seperti obat mual, pusing, dan maag. Selain itu, kamu juga bisa bawa minyak kayu putih. Jadi, kalau di jalan kamu merasa tidak enak badan, kamu bisa menggunakan obat tersebut.
7. Tetap waspada

Selama di perjalanan, tetaplah waspada dalam menjaga barang-barang yang kamu bawa. Di momen Lebaran, banyak tindak kejahatan yang bisa terjadi kapan saja. Jadi, pastikan kamu tidak terlalu berpenampilan mencolok dan tetap simpan barang-barang berharga di tempat yang aman.


Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mudik untuk Mahasiswa"

Posting Komentar