Unpad Resmi Jadi PTN Badan Hukum



Universitas Padjajaran (Unpad) akhrinya resmi menyandang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Status tersebut diresmikan dengan ditandatanganinya Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2015 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
Menurut Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, hal ini merupakan sesuatu yang sudah lama diperjuangkan.

"Pada Idul Fitri 1436 H ini, Unpad mendapatkan hadiah Lebaran yang cukup luar biasa. Ini adalah sesuatu yang sudah lama kita perjuangkan," ujar Tri seperti dilansir dari laman Unpad, Jumat (24/7/2015).
Unpad ditetapkan sebagai PTN BH pada Oktober 2014. Sejak itu, kampus di bumi priangan tersebut memiliki waktu satu tahun untuk menyempurnakan statutanya, sesuai Peraturan Pemerintah No. 80 Tahun 2014. Statuta merupakan anggaran dasar yang menjadi landasan pembenahan pengelolaan perguruan tinggi.
Tri menyebut, berikutnya Unpad perlu melengkapi sejumlah pilar organisasi sesuai statuta seperti membentuk Lembaga Rektor, Senat Akademik, serta Majelis Wali Amanah.
"Di pola perguruan tinggi lama, senat menjadi lembaga normatif untuk seluruh pengelolaan universitas. Sekarang Senat Akademik hanya menjadi lembaga yang berpikir mengenai pengelolaan akademik," tutur Tri.
Dia mengimbuhkan, sesuai status barunya, Unpad pun akan menghadapi sejumlah tantangan. Unpad harus bisa menciptakan value lebih dengan membangun budaya enterprise. Di sisi lain, Unpad harus bisa meraih pendapatan dari berbagai sumber; selain biaya kuliah, bisa juga melalui beragam riset dan kerjasama dengan pihak ketiga.
"Keleluasaan otonomi ini perlu diimbangi dengan performa yang baik. Karena jika tidak, maka bisa saja status PTN BH tersebut dicabut," imbuhnya.




Source ; news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unpad Resmi Jadi PTN Badan Hukum"

Post a Comment