Unsri programkan dirikan perpustakaan digital




Universitas Sriwijaya menargetkan pendirian perpustakaan digital dengan fasilitas 500 komputer, yang dilengkapi akses internet berkecepatan tinggi, pada 2016.

Rektor Unsri Prof Anis Saggaff di Palembang, Senin mengatakan perpustakaan digital akan menunjang target Unsri sebagai universitas berkelas dunia.


"Berdasarkan studi banding saya ke beberapa universitas terbaik di negara lain, seperti Malaysia, hanya dua yang mereka besarkan yakni riset dan perpustakaan," kata Anis yang diwawancarai seusai terpilih menjadi Rektor Unsri masa jabatan 2015-2019 dalam rapat paripurna senat terbuka.

Ia mengatakan, rencana pendirian perpustakaan digital ini telah digaungkan sejak awal 2015 oleh rektor terdahulu Badiah Parizade.




"Saat ini, Unsri sedang gencar mempersiapkan infastrukturnya karena rencananya perpustakaan ini akan dibuat senyaman mungkin dengan disertai pendingin ruangan serta akses internet yang cepat," kata dia.

Terkait dengan akses internet, Unsri menargetkan mencapai kecepatan hingga empat "gigabyte" pada 2016 karena saat ini baru terpasang satu "gigabyte".

"Idealnya, untuk universitas berkelas dunia harus memiliki akses internet mencapai 42 `gigabyte`, artinya masih banyak kurangnya. Jadi perlu suatu percepatan dan ini konsekuensinya dana. Untuk itu sangat membutuhkan dukungan senat," kata dia.

Selain menargetkan perpustakaan digital yang berkembang di seluruh fakultas, guru besar Teknik Sipil ini juga akan membangkitkan geliat riset di lingkungan kampus.


sumber : antarasumsel.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unsri programkan dirikan perpustakaan digital"

Posting Komentar