Arsip UGM Terbaik Se-Indonesia



Memiliki arsip pribadi, seperti berkas penting atau foto-foto monumental, sangatlah penting. Minimal sebagai pengingat perjalanan hidup kita.
Begitu juga bagi sebuah institusi pendidikan seperti kampus. Arsip memegang peran krusial mencatat sejarah perjalanan dan perkembangan sebuah perguruan tinggi. Tidak hanya itu, arsip yang terkelola baik juga memudahkan kita saat mencari rujukan informasi.

Inilah yang dilakukan Universitas Gadjah Mada (UGM) hingga mendapatkan penghargaan sebagai Arsip Terbaik Nasional di tingkat perguruan tinggi. Selain UGM, ada 19 arsip perguruan tinggi lainnya yang turut dinilai. Seleksi pun menobatkan UGM sebagai juara pertama, kemudian arsip Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai juara kedua dan arsip Universitas Udayana (Unud) Bali sebagai juara ketiga.
Bagi Kepala kantor Arsip UGM, Tristiana Chandra Dewi Trias Iriani, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi para arsiparis. "Sekaligus memotivasi kami untuk terus mempertahankan prestasi," kata Dewi, seperti dinukil dari laman UGM, Jumat (28/8/2015).
Dalam perlombaan tersebut, peserta tidak hanya dinilai dari berkas, tetapi juga presentasi tentang perkembangan kantor arsip masing-masing. Di antara kriteria penilaian adalah pengelolaan arsip, norma standar pedoman serta kriteria, status kelembagaan dan juga kelengkapan prasarana.
Dewi memaparkan, Arsip UGM membina lembaga kearsipan pada tingkat unit, direktorat, serta fakultas di seluruh lingkungan UGM. Mereka juga memberikan pelatihan tata kelola dan etika pelayanan kearsipan secara berkala. Uniknya lagi, Arsip UGM rutin memamerkan koleksi arsip kepada mahasiswa dan masyarakat umum setiap bulan di perpustakaan kampus.
"Tentu dengan harapan, mahasiswa dan generasi muda bisa memiliki memori kolektif mengenai perkembangan UGM dari masa ke masa," tutur Dewi.
Salah satu Arsiparis UGM, Zaenuddin menyatakan, Saat ini ada 57.797 berkas arsip tekstual, 428 berkas arsip khusus, 22.486 lembar arsip foto serta 5.925 ekpose arsip foto negatif, arsip rekaman suara, arsip video dan arsip film. Dia mengaku, tidak mudah mengelola puluhan ribu arsip UGM di tengah perkembangan teknologi pendokumentasian yang selalu berubah dari waktu ke waktu.
"Kami mengantisipasinya dengan menambah berbagai sarana penunjang untuk pemeliharaan dan perawatan arsip," ujarnya.


source : okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arsip UGM Terbaik Se-Indonesia"

Posting Komentar