Jadwal SBMPTN 2016

Dibawah ini terdapat Mekanisme Pendaftaran SBMPTN 2016 adalah sebagai berikut :.
1.       
A.     Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id.
B.     Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal  Mei 2016.
C.     Pendaftaran online dibuka dari tanggal  Mei  2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan  Mei 2016 pukul 22.00 WIB.

2.      Bagi pendaftar yang ingin mendapatkan koneksi Internet untuk pendaftaran online dapat memanfaatkan akses Internet via hotspot (Indonesia wifi / @wifi.id) di Plasa Telkom.
Kepanjangan SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang merupakan mekanisme seleksi masuk PTN melalui Ujian Tertulis dan/atau Keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di 64 PTN.


Pada tahun akademik 2016/2017, seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) akan menggunakan 3 jalur. Ketiga jalur tersebut adalah
ü SNMPTN 2016
ü SBMPTN 2016
ü Ujian Mandiri/Seleksi Mandiri.

Untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kuota mahasiswa yakni 50%-60% dari total mahasiswa yang diterima.  
Sementara kuota Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yakni 30%-40% dari total mahasiswa. Sedangkan kuota jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) atau jalur mandiri yakni 10%-20%.

Persyaratan Pendaftaran SBMPTN 2016

1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2014, 2015, dan 2016. Lulusan tahun 2014 dan 2015 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Untuk lulusan tahun 2016 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.
 Jadwal SBMPTN 2016 :
Pendaftaran SBMPTN 2016
1.      Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id.
2.      Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal  Mei 2016.
3.      Pendaftaran online dibuka dari tanggal  Mei  2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan  Mei 2016 pukul 22.00 WIB.


Jadwal Ujian SBMPTN 2016
1.      Jadwal  Ujian Tertulis
Selasa,  Juni 2016
:
Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek)Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA)
Rabu, Juni 2016
:
Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum)
2.      Ujian Keterampilan, ujian  keterampilan dilaksanakan pada Juni 2016.
Ø Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Soal TKPA adalah terdiri dari: 1.Verbal 15 soal; 2. Numerikal 15 soal; 3. Figural 15 soal; 4. Matematika Dasar 15 soal; 5. Bahasa Indonesia 15 soal; 6. Bahasa Inggris 15 soal. Jadi seharusnya total soal TKPA adalah 90 soal.
Ø Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
Ø Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. 
Ø Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
Ø Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
Ø Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.
Ø Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.

Pengumuman SBMPTN 2016
Kemungkianan waktu pengumuman SBMPTN 2016, adalah 1 bulan setelah pelaksaan ujian SBMPTN 2016 . Hasil ujian akan diumumkan pada hari Kamis,  Juli 2016 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id.
Untuk informasi terbaru, silakan cek di situs resmi SBMPTN.OR.ID. Ayo adik-adik persiapkan sejak sekarang, sukses dan lolos di terima di PTN.

Penilaian Hasil Ujian

Ujian tertulis SBMPTN 2016 akan tetap menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, serta daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang social dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.
Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.
Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut:
1.      Jawaban BENAR dari peserta : akan mendapatkan nilai +4
2.      Jawaban SALAH dari peserta : akan mendapatkan nilai -1
3.      Jika peserta Tidak menjawab: akan mendapatkan nilai 0



Kelompok Ujian



Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
1.      Kelompok Ujian Saintek  dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
2.      Kelompok Ujian Soshum  dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
3.      Kelompok Ujian Campuran  dengan materi ujian  TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan



1.      Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
2.      Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
A.     Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek.
B.     Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian soshum.
C.     Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok saintek dan soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran.
2.      Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
3.      Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
4.      Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
5.      Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2016, dan jumlah peminat  program studi per PTN tahun 2015 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id mulai tanggal  April 2016.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadwal SBMPTN 2016"

Post a Comment