KKN Islami ala UIN Ar Raniry


Setiap kampus punya ciri khas masing-masing dalam penyelenggaraan program kuliah kerja nyata (KKN). Sesuai statusnya sebagai kampus Islam, pelaksanaan KKN di UIN Ar Raniry Banda Aceh, pun bernuansa Islami.
Melalui program Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) dan Pengabdian Dosen berbasis masjid, mahasiswa dan dosen mengabdi di gampong (desa) selama tiga bulan. Berbagai program pun diarahkan agar berbasis masjid sebagai pusat kemaslahatan umat.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UIN Ar Raniry Dr. Muhibbuthabry, mengatakan, banyak hal yang dibutuhkan untuk penyesuaian seiring perubahan IAIN menjadi UIN Ar Raniry.
"Kami terus melakukan upaya perubahan-perubahan setelah alih status IAIN ke universitas. Integrasi ini adalah memberikan peluang untuk melakukan pengabdian dengan keilmuan yang luas, salah satunya pengabdian berbasis masjid ini," ujarnya saat memberi arahan kepada peserta pengabdian, Senin (24/8/2015).
KPM dan Pengabdian Dosen berbasis masjid ini, lanjut dia, sangat tepat dilaksanakan, karena masyarakat Aceh menjadikan masjid sebagai sentral dalam beribadah maupun kegiatan kemaslahatan lainnya. Menurutnya, KPM dilakukan UIN selama ini sudah tepat dan dapat diimplementasikan karakteristik UIN yang berbasis keislaman. Peserta diharapkan dapat membangun masyarakat dengan spirit spritualitas dan aspek kesejahteraan.
"Peserta yang akan melakukan pengabdian ini terdiri dari berbagai prodi di UIN Ar Raniry. Dengan berbagai disiplin ilmu yang dimiliki, dapat membimbing masyarakat sesuai dengan ilmu dan keterampilan yang telah dimiliki selama di bangku kuliah," ujar Muhibbuthabry.
Peserta pengabdian berbasis masjid tahun ini berjumlah 175 orang, terdiri 130 mahasiswa dan 45 dosen pembimbing. Mereka akan ditempatkan pada lima gampong (desa) masing-masing di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, mulai 27 Agustus.
Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Ar Raniry, M. Jakfar Puteh, M.Pd mengatakan, KPM dan Pengabdian Dosen tersebut merupakan yang pertama dilaksanakan di UIN Ar Raniry, untuk menyiasati pemenuhan kuota besaran mahasiswa yang tidak tertampung dalam KPM regular, PAR dan PPKPM.
"KPM dan Pengabdian dosen ini dilaksanakan secara bersamaan. Para dosen yang melakukan pengabdian sekaligus akan menjadi pendamping bagi mahasiswa KPM dan masyarakat dalam melaksanakan berbagai program di gampong-gampong," paparnya.
Jakfar berharap, program tersebut dapat memberikan memperoleh hasi sesuai target, antara lain peserta dapat melakukan pemetaan keluarga dan masyarakat. Tahap selanjutnya dibentuk kelompok masing-masing gampong, terorganisasinya masyarakat untuk memudahkan pembinaan serta menyusun dan merencanakan program-program yang tepat dan diterapkan di lingkungan pengabdian tersebut.




Source : okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KKN Islami ala UIN Ar Raniry"

Posting Komentar