Langkah Dapatkan Beasiswa LPDP

Foto : kampusnews.com
Beasiswa memang selalu menjadi tawaran menarik terutama bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan mereka. Salah satu beasiswa yang juga diminati oleh mahasiswa Indonesia adalah beasiswa dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).
Salah satu mahasiswa yang berhasil lolos mendapatkan beasiswa LPDP yakni Vinsensius Dicky Kangen. Alumnus dari Universitas Pelita Harapan itu mengungkapkan sejumlah tahapan mendapatkan beasiswa LPDP.

"Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukakan pada LPDP. Yang pertama yakni tahap seleksi administratif," ungkapnya.
Tahap tersebut adalah untuk mengecek berbagai dokumen yang perlu dipenuhi melalui online.
"Jadi kita daftar melalui portal online, nanti di sanalah kita menulis tentang mau sekolah di mana, CV, kita pernah sekolah di mana, terus IP kita berapa," ujarnya.
Kemudian juga, ada satu sesi di mana kita perlu mengajukan surat referensi.
"Itu bisa dari dosen atau bos tempat kamu bekerja. Pokoknya untuk mereka yang pernah berhubungan dengan kamu dan tahu kinerja kamu," paparnya.
Tidak lupa, kita pun nanti diminta untuk membuat essai. Tentang peran kepada Indonesia dan cita-cita Indonesia kedepan seperti apa. Bila sudah di-upload semua, nanti akan dikabari kembali untuk menunggu proses wawancara.
Wawancara yang dilakukan menanyakan hal yang standar. Namun jangan salah, di bagian ini banyak calon penerima beasiswa yang akhirnya tidak berhasil lolos.
"Yang ditanyakan biasanya kenapa mau di negara itu dan ambil jurusan ini. Terus nanti setelah lulus mau jadi apa, bagaimana bisa melayani Indonesia dengan jurusan yang kamu ambil ini. Bagaimana kalau nanti tidak lulus dan kenapa kamu layak diterima?" tambah lelaki yang akan melanjutkan studinya di University College London itu.




Source : okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Dapatkan Beasiswa LPDP"

Post a Comment