Mahasiswa Teknik Elektro USU Praktik Kerja Ke Taiwan


Sebanyak 22 mahasiswa tingkat III dan IV Fakultas Teknik Elektro Universitas Sumatera Utara (USU) mengikuti praktik kerja di Chung Yuan Christian University (CYCU), Taiwan, selama sebulan.
 
"Ke-22 mahasiswa ini dipilih pihak CYCU Taiwan yang meneliti tulisan berbentuk esai dengan topik berbeda dari 27 orang yang mengikuti seleksi. Seluruh akomodasi ditanggung pihak CYCU," ujar Koordinator Kegiatan, F. Fahmi, Ph.D, menjelang keberangkatan di gedung USU.

 
Menurut Fahmi, esai yang dikirim para mahasiswa mengambil bermacam topik, di antaranya Power Elektrikal, Jaringan Pintar, Energi Terbarukan, Komputer dan sebagainya. Jadi, mereka akan menimba ilmu di Taiwan mulai 3 Agustus sampai 1 September 2015.
 
Dia menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk kesepakatan kerjasama yang dilakukan sebulan lalu. Taiwan dipilih sebab negara tersebut sebagai salah satu pusat industri elektronik yang popular. “Saat ini baru dengan Chung Yuan Christian University kita adakan program kerjasama ini, dan akan berlanjut kerjasama dengan universitas luar negeri yang lain” katanya.


 
Selama sebulan di sana, sambung Fahmi yang juga dosen Fakultas Teknik Elektro, setiap minggu mahasiswa-mahasiswa tersebut akan mengunjungi sejumlah pabrik atau lokasi industri elektronika.
 
Diharap, lewat kegiatan ini, ke depan mahasiswa yang berangkat bisa mendapat pengalaman sekaligus menambah wawasan serta meningkatkan akreditasi sehingga bisa berbagi dengan generasi mendatang. "Ini kali pertama kunjungan dari mahasiswa Fakultas Teknik Elektro. Semoga ilmu yang diperoleh bisa disalurkan kepada generasi mendatang, sebab di masa akan datang juga bakal dikirim utusan lain," jabarnya.
Dia menambahkan, kegiatan ini tak terlepas dukungan dari alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Teknik Elektro, di antaranya Ir. Agus P Simorangkir, serta pihak Rektorat.

Menariknya, kata Fahmi, pihak CYCU Taiwan juga akan mengirimkan mahasiswanya ke
USU. Kesepakatan kerjasama juga dilakukan antar dosen. Sebagai contoh, akhir tahun mereka akan mengirimkan seorang profesor untuk menjadi pembicara dalam satu kegiatan.

Sebelumnya, Pj Rektor USU Prof. Subhilhar, PhD, meminta 22 mahasiswa yang terpilih bisa menjaga nama baik bangsa, khususnya USU. "Ini sangat baik dan membanggakan. Semoga bisa diikuti fakultas-fakultas lain," tegasnya.

Di kesempatan itu, Prof. Subhilhar menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ikatan Alumni Teknik Elektro yang tetap berperanserta memberi dukungan kepada adik-adiknya.

"Jangan lupa, kembali ke sini harus membawa 'oleh-oleh' yang bisa dikembangkan demi kemajuan kita," ujar Prof. Subhilhar mengakhiri.

Dona Tiara Lubis, salahsatu peserta mengatakan, dia sangat tertarik dengan program tersebut. “Program ini sangat bagus sekali bagi mahasiswa terutama untuk melihat dunia kerja sesungguhnya dengan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, karena itu yang dibutuhkan dunia kerja saat ini tidak hanya skill semata” katanya.
Persiapan yang mereka lakukan adalah dengan pembekalan kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa Mandarin selama sebulan lebih dikampus mereka  bekerjasama dengan para alumni USU di Taiwan yang sudah lulus. “ Kami juga dikenalkan tentang budaya dan kehidupan sosial sehari-hari masyarakat Taiwan” tambahnya.

Dona melanjutkan, kesempatan ikut dalam program  ini mungkin hanya sekali bisa diikutinya sehingga dia merasa sangat bersemangat untuk ikut serta. “Baru sekali ikut program seperti ini ke luar negeri” katanya.  Dona berharap dengan ikut program ini dapat membawa pengetahuan baru dari Taiwan sehingga bisa berbagi pengalaman dengan teman-teman mereka yang ada dikampus, dan semoga program ini terus dilanjutkan.








Source : usu.ac.id


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahasiswa Teknik Elektro USU Praktik Kerja Ke Taiwan"

Post a Comment