Megahnya Gedung Menara Phinisi Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar, disingkat UNM adalah perguruan tinggi negeri di Makassar yang berdiri pada 1 Agustus 1961. Kampus UNM kini memiliki icon baru yakni Gedung Rektorat yang berbentuk menara dan disebut Menara Phinisi.
Pembangunan Menara Phinisi ini mengambil konsep Perahu Phinisi, yakni perahu khas Bugis – Makassar yang terkenal sejak dulu kala. Perahu Phinisi dipakai oleh Orang Bugis-Makassar dalam menjelahaji samudra nan luas.

Pelaut Bugis-Makassar memiliki semboyan “Takunjungan Bangung Turu’. Naku Gunciri Gulingku. Kualleanna Tallanga Natoalia” yang artinya “sekali layar terkembang, pantang biduk surut kepantai”.

Menara Phinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) ini merupakan kantor pusat administrasi atau rektorat, terletak di Kampus 1 UNM Gunung Sari, Jl Andi Pangerang Pettarani, Makassar. Menara ini terdiri dari 17 lantai. Dirancang oleh tim yang dipimpin oleh Yu Sing dengan mengadopsi bentuk perahu khas Bugis-Makassar, yang memenangkan sayembara desain gedung tersebut pada tahun 2008. 

Dimalam hari, lampu pada eksterior menara berubah-ubah warna secara teratur, rotasi dari 12 warna yang mewakili 12 fakultas yang ada di UNM. Gedung ini mulai digunakan pada tahun 2013 kemarin.

Berikut Foto-Foto Menara Phinisi UNM Makassar :













* sumber foto : benyaminlakitan.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Megahnya Gedung Menara Phinisi Universitas Negeri Makassar"

Post a Comment