Naik Gunung Cukup Pakai Jaket Pintar dari IPB



Ransel carrier besar jadi peralatan wajib punya buat mereka yang hobi naik gunung. Maklum, bermalam di alam terbuka mengharuskan kita siap dengan semua keperluan.
Tapi, kini anak gunung enggak perlu ribet lagi menggendong tas saat mendaki. Pasalnya, ada jaket pintar yang bisa menampung semua kebutuhan mereka.
Jaket yang dinamai Zaphanza itu dibuat lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yaitu Muhamad Zahwan Jamaludin, M Ikhwan Hanif, Reza Fahmi, Panji Laksono dan Venza Roma Saputra. Salah satu pembuatnya, Zahwan mengaku, inspirasi kelahiran Zaphanza datang ketika dia mendaki gunung beberapa tahun lalu.

"Waktu itu saya ngerasa ribet banget harus bawa tas carrier besar buat bawa tenda dan lainnya. Dari situ saya mikir gimana caranya supaya gak perlu bawa tas besar," kata Zahwan.
Pengalaman itu mencetuskan ide untuk membuat jaket multi fungsi, tidak hanya sebagai penghangat tetapi juga tempat penyimpanan peralatan pendakian. Bersama rekan-rekannya, Zahwan lantas mencoba membuat desain jaket yang bisa menggabungkan fungsi penyimpanan perlengkapan tenda, sleeping bag dan jas hujan.
Butuh tiga kali perombakan desain untuk membuat jaket yang sempurna. Zahwan membeberkan, jaket ini memanfaatkan setiap sisinya sebagai fungsi penyimpanan tanpa mengurangi fungsi utama sebagai pelindung tubuh dari udara dingin.
Zaphanza dilengkapi banyak kantung penyimpan perlengkapan. Tenda dengan kapasitas tiga orang bisa dilipat dan ditaruh di kantung besar bagian dalam belakang jaket. Sementara besi penyangga tenda disimpan secara vertikal di kantung bagian punggung.
Selain itu, senter, kompas, termometer, peralatan makan, sarung tangan dan kotak P3K juga bisa disimpan di kantung jaket bagian dalam. Bahkan, pada bagian risleting di leher juga terdapat peluit yang berfungsi sebagai alat komunikasi atau sebagai pemberi tanda.
"Jaket ini dapat difungsikan sebagai sleeping bag, dengan konsep penutupan tubuh tanpa sesak. Kemudian menjadi rain coat dengan bagian celana yang dapat dijulurkan dan merupakan bagian dari jaket," tuturnya.
Dengan menggunakan jaket ini, pendaki tak perlu membawa ranselcarrier besar dan cukup hanya membawa tas ukuran sedang untuk membawa makanan. Selain itu, pendaki tak perlu bingung saat melakukan pengemasan perlengkapan dan perhitungan beban agar dapat ditopang oleh tubuh mereka.
"Jaket ini memiliki berat kosong kira-kira 1kg, tapi kalau semua kantung terisi, bisa menampung beban hingga 4kg," tambahnya.
Zahwan menjelaskan, produk mereka bisa dipesan melalui media daring seharga Rp350 ribu. Ukurannya pun tersedia mulai dari sedang hingga besar.





Source : okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Naik Gunung Cukup Pakai Jaket Pintar dari IPB"

Posting Komentar