Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Tahun 2016


BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan yang hanya ditujukan untuk calon mahasiswa tidak mampu (miskin)

Apa saja syarat pendaftaran bidikmisi 2016?
JAWABAN
Syarat pendaftaran bidikmisi 2016 sedang kami susun dan akan kami kabarkan segera . Untuk sementara silahkan merujuk pada pedoman bidikmisi 2015 yang bisa diunduh pada alamat http://bidikmisi.dikti.go.id/petunjuk/pedoman

Apakah ada biaya kedatangan untuk penerima Bidikmisi ?

JAWABAN
Bidikmisi memberikan biaya kedatangan pertama (satu kali perjalanan dari tempat asal ke PT terkait) bagi penerima Bidikmisi kuota APBN.
Penyerahannya diberikan langsung oleh PT.

Catatan:
Untuk transportasi darat, PT menetapkan biaya kedatangan menggunakan zoning (per kota dianggap sama besarannya)
Untuk yang diluar propinsi asal dan penerima awal harus diberikan biaya hidup sementara.
Untuk kuota APBN-P tidak mendapat biaya kedatangan.

Apakah Bidikmisi Gratis ?

JAWABAN
Bidikmisi memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal(mandiri) pada salah 1 PT Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari daerah asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa) Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi Subsidi biaya hidup sesedikitnya Rp600.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah Jika ada pihak pihak yang memungut biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau penerima Bidikmisi diluar ketentuan tersebut bisa melapor ke bidikmisi@dikti.go.id

Apakah Bidikmisi Itu ? Kenapa bukan disebut Beasiswa ?

JAWABAN
Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.
beberapa jalur seleksi yang bisa anda ikuti untuk seleksi Beasiswa Bidik Misi.

1. Jalur Seleksi Beasiswa Bidik Misi SNMPTN.

Seperti kebanyakan jalur masuk lain SNMPTN juga berkordinasi dengan Beasiswa Bidik Misi dimana sistem seleksi menggunakan hasil rapot verifikasi, secara umum SNMPTN merupakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dengan menggunakan jalur undangan, bagi yang berminat mendaftar beasiswa bidik misi jalur ini diharapkan mendapatkan rekomendasi dari sekolah jika tidak sulit bagi siswa/i bersangkukan untuk mengikuti pendaftaran Beasiswa Bidik Misi SNMPTN. Untuk pendaftaran dilaksanakan melalui BidikMisi.Dikti.go.id kemudian daftarkan diri melalui snmptn.ac.id selanjutnya verifikasi.


2. Jalur Seleksi Beasiswa Bidik Misi SBMPTN.

SBMPTN merupakan seleksi Bersama masuk perguruan tinggi negeri menggunakan sistem seleksi Tertulis nah untuk jalur ini bisa mendaftar secara mandiri, apalagi jika anda tidak mendapatkan rekomendasi untuk jalur sebelumnya, anda bisa mengikuti SBMPTN, jika pendaftaran dilaksanakan melalui Online BidikMisi.Dikti.go.id kemudian sbmptn.or.id lalu verifikasi pada saat pendaftaran sebagai peserta bidik misi yang ikut seleksi SBMPTN.


3. Jalur Seleksi Bidik Misi PTN Mandiri.

Jika anda tidak memiliki kesempatan seleksi Bidik Misi melalui jalur nasional seperti diatas maka anda bisa ikut seleksi Bidik Misi melalui jalur seleksi lokal dimana seleksi ini mengikuti seleksi lokal untuk PTN tujuan untuk pendaftaran silahkan akses situs resmi PTN yang dipilih kemudian jangan lupa untuk mendaftar terlebih dahulu melalui BidikMisi.Dikti.go.id selanjutnya sama jangan lupa verifikasi pendaftaran.


4. Jalur Seleksi Bidik Misi PTKIN.

PTKIN merupakan singkatan perguruan tinggi keagamaan islam negeri dimana bidik misi juga mengikuti seleksi ini ada dua jalur yang tersedia beasiswa Bidik Misi seleksi SPAN PTKIN dan beasiswa bidik misi seleksi UM PTKIN, pendaftaran akan dilasanakan melalui situs resmi span-ptkin.ac.id dan um-ptkin.ac.id tidak lupa terlebih dahulu pendaftaran dilakukan melalui situs BidikMisi.Dikti.go.id barulah pilih sata satu baik undangan maupun tertulis PTKIN.


5. Jalur Seleksi Bidik Misi PTS.

Meski tidak semua bidik misi bekerjasama dengan perguruan tinggi swasta tetapi beberapa PTS ternama ikut ambil bagian dalam penyelenggaraan beasiswa dari pemerintah ini agar bisa diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi tetapi berprestasi dan kuliah di PTS ternama yang menjalin kerjasama dengan program bidik misi, untuk lebih jelas silahkan akses informasi pendaftaran melalui BidikMisi.Dikti.go.id.

6. Jalur Seleksi Beasiswa Bidik Misi PMDK-PN.

PMDK-PN merupakan salah satu seleksi khusus Politeknik negeri dengan sistem seleksi undangan beasiswa bidik misi juga berkerjasama dengan seleksi satu ini untuk penerimana akan dilaksanakan melalui online hanya saja jika anda mengikuti seleksi jalur ini berarti anda ingin mendaftar Politeknik Negeri yang ada di Indonesia untuk pendaftaran dilaksanakan melalui situs BidikMisi.Dikti.go.id kemudian verifikasi pendaftaran melalui PMDK.Politeknik.or.id dan lakukan pendaftaran dan pilih program beasiswa bidik misi yang diinginkan.  

Jika anda berminta tentu harus mengecek kapan pelaksanaan pendaftaran yang dimaksud dibuka secara keseluruhan kemudian untuk pendaftaran yang sudah dibahas akan disampaikan sesuai jadwal yang dimuat berikut ini beberapa informasi pendaftaran yang telah disebutkan sebelumnya penerimaan pendaftaran dan jadwal lengkap dari setiap seleksi yang telah dijelaskan diatas simak selengkapnya.


Jadwal Pendaftaran Bidik Misi Semua Jalur Seleksi.

·                     Pendaftaran Sekolah 15 Januari 2016 - 01 September 2016
·                     Pendaftaran Siswa 15 Januari 2016 - 01 September 2016 
·                     PMDK-PN 09 Februari 2016 - 08 Mei 2016 
·                     Pendaftaran SNMPTN 10 Februari 2016 - 12 Maret 2016
·                     Seleksi Mandiri PTN 10 Februari 2016 - 01 September 2016 
·                     Seleksi Mandiri PTS 10 Februari 2016 - 01 September 2016
·                     Pendaftaran SBMPTN 16 Maret 2016 - 03 Juni 2016

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Tahun 2015 Kemarin. 

1.                  Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016.
2.                  Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.
3.                  Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
4.                  Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria : a). Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM); b). Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya ; c). Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per-bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. 
5.                  Untuk pekerjaan nonformal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau d). Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya.
6.                  Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
7.                  Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.
8.                  Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan: a). PTN dengan pilihan seleksi masuk: 1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); 2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN); 3) Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN b). PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.

Nah bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan sebagai penerima Beasiswa Bidik Misi anda bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi bidikmisi.dikti.go.id 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Tahun 2016"

Post a Comment