Peringkat Nasional Unpad Naik di Webometrics 2015


Universitas Padjadjaran (Unpad) naik satu peringkat sebagai kampus terbaik di Indonesia merujuk data Webometrics Rangking of World Universities 2015. Namun, data tersebut bukan menjadi satu-satunya dasar yang menandakan Unpad lebih baik diantara perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Webometrics edisi terbaru yang terbit 31 Juli 2015 mencatat Unpad berada di peringkat sembilan nasional dan berada diurutan 1.917 dunia. Sementara pada edisi Januari 2015, Unpad berada di peringkat 10 nasional dan diurutan 1.507 dunia. Peringkat teratas nasional masih ditempati Unversitas Gadjah Mada (UGM) yang menempati peringkat 781 dunia.
Pada Juni 2015, dalam QS University Ranking, Unpad juga mengalami peningkatan peringkat dengan berada di lima besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dan peringkat Unpad pada 161-170 untuk wilayah Asia. Pada tahun sebelumnya, Unpad berada di peringkat tujuh QS University Ranking dan peringkat Asia masih di luar 200 besar. Peringkat teratas nasional QS University Ranking ditempati Universitas Indonesia (UI) yang berada di peringkat 79 Asia.
Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Keuangan Unpad, Prof Dr Rina Indiastuti menerangkan peringkat Unpad bisa naik terutama di QS, karena beberapa hal seperti meningkatnya kualitas riset dosen, kualitas pembelajaran khususnya perbaikan layanan pembelajaran akibat penyesuaian rasio mahasiswa terhadap dosen.
Internasionalisasi khususnya peningkatan dosen studi atau riset di luar negeri, inbound dan outbound student exchange juga berpengaruh menaikan peringkat Unpad karena kepedulian terhadap lingkungan, serta inklusivitas khususnya jangkauan terhadap mahasiswa miskin.
“Untuk mempertahankan posisi tersebut maka secara simultan harus melakukan perbaikan kualitas dan kinerja secara terus menerus dengan tetap konsisten memperbaiki kinerja core business Unpad utamanya riset, pembelajaran dan employability lulusan yang harus terus ditingkatkan,” ujar Prof Rina sebagaimana dikutip Okezone dari laman Unpad, Selasa (4/8/2015).
Sementara Kepala Bagian Sistem Informasi Unpad, Arif F Firmansyah, S.Si, MT, mengatakan Unpad perlu bersyukur atas prestasi ini meskipun data tersebut tidak dapat dijadikan satu-satunya dasar yang menandakan Unpad lebih baik diantara perguruan tinggi lainnya di Indonesia.
“Yang pertama, hal ini patut kita syukuri. Ini menjadi salah satu langkah awal untuk mewujudkan Unpad menjadi perguruan tinggi yang berdaya saing di antara universitas baik nasional maupun dunia, terutama asia,” ujar Firmansyah.
Webometrics mengeluarkan ranking setiap semester sejak tahun 2004. Metodologi penilaiannya berdasarkan visibility 50% dan activity 50%. Visibility terkait jumlah tautan eksternal, activity terdiri dari tiga komponen yaitu presence atau jumlah laman internet yang tersedia, openness atau repositori yakni jumlah file dokumen yang terdata oleh Google Scholar, dan excellence atau jumlah publikasi ilmiah yang terindeks di Scimago Group.
Adapun QS University Ranking mengeluarkan peringkat setiap tahun sejak tahun 2004. Penilaian QS Ranking berdasarkan kriteria: academic reputation 40%, employer reputation 10%, faculty/student ratio 20%, citation per faculty 20%, international student ratio 5%, dan international staff ratio 5%.





Source : news.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peringkat Nasional Unpad Naik di Webometrics 2015"

Post a Comment