SBY Ngajar di Kampus UI


Dosen mahasiswa prodi Sejarah di kampus Universitas Indonesia (UI) hari ini istimewa. Mereka diajar oleh Presiden RI periode 2004 - 2014 Susilo Bambang Yudhoyono.
Dalam kuliah umumnya, SBY berpidato seputar makna kemerdekaan, sejarah perjuangan, hingga cita-cita nasional. Tidak lupa, sang istri Ani Yudhoyono turut mendampingi.

SBY memaparkan, memaknai 70 tahun Indonesia merdeka adalah tentang bagaimana melihat refleksi kesejarahan dan proyeksi masa depan. "Sejarawan harus menulis dengan benar. Pelajari masa lalu jika ingin pelajari masa depan," kata SBY di Balai Sidang UI, Kamis (20/8/2015).
Sejak Indonesia merdeka, lanjutnya, masih ada masalah sebagai warisan dari gerakan kebangsaan dulu kala. Bahkan, Indonesia menghadapi tantangan ideologis elite dan kepentingan penjajah.
"Proklamasi mendapat perlawanan dari Belanda, hingga agresi militer satu dan dua. Namun Indonesia dianggap bangsa pemaaf dan tak menyimpan dendam," jelasnya.
Peraih gelar doktor dari Institut Pertanian Bogor (IPB) itu menilai, tantangan bangsa kini bergeser dari anti-imperialisme ke arah antiglobalisasi. Benang merahnya, bagaimana mewujudkan cita-cita nasional dengan Pancasila sebagai dasar negara.
"Kita pernah dijajah Belanda, Inggris, Jepang, dengan kepentingan berbeda-beda. Setelah Indonesia merdeka, kita rasakan semangat antikolonialisme dikumandangkan," tegasnya.
Kuliah umum oleh SBY ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI yang digagas prodi Sejarah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI). Kegiatan mengusung tema "Memaknai 70 Tahun Kemerdekaan Indonesia di Tengah Dunia yang Berubah dalam Perspektif Sejarah".
Rektor UI Muhammad Anis menegaskan, perjuangan para founding fathers harus diteruskan oleh generasi muda. Salah satu caranya, kata dia, dengan memaknai atau merefleksi masa lalu kini dengan mengedepankan strategi masa depan.
"Memaknai kemerdekaan melalui kearifan sejarah. Kami berbagi pengalaman sejarah pada periode pra dan pasca merdeka, dan pengalaman di era reformasi," kata Anis.


Source : okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SBY Ngajar di Kampus UI"

Post a Comment