Sekotak Cokelat Rasa Jamu Dari Mahasiswi UNDIP


Fajria darell sofiana, gadis asal semarang yang kini berusia 20  tahun ini telah berhasil merubah stigma negatif jamu yang kita kenal dengan rasa pahitnya. Sifat jamu yang sifatnya pahit, meskipun itu juga merupakan obat tradisional dan warisan budaya bangsa kita, tidak begitu banyak diminati oleh remaja saat ini. Namun stigma negatif tersebut tidak berlaku  lagi setelah adanya inovasi untuk menjadikan jamu menjadi bahan untuk membuat olahan cokelat.

Menurut Mahasiswi Undip ini, cokelat adalah salah satu makanan favorit mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Setelah melalui sekitar dua kali proses  utak atik resep, akhirnya terciptalah Chocoherbs, cokelat citarasa jamu tradisional.
Diluar perkiraannya, Chocoherbs mampu merebut hati penikmatnya. Sehingga banyak pula teman-temannya di kampus yang memesan. Harganya lumayan terjangkau. Satu kotak dibandrol dengan harga Rp. 15 ribu saja.  Dan itu sudah berisi 16 cokelat didalamnya. Ditambah dengan kemasannya yang praktis, cokelat ala Fajria dengan rasa jamu ini cocok untuk oleh-oleh atau souvenir jika berkunjung ke kota Semarang.
Berkat inovasinya ini, Mahasiswi Undip ini pernah menang dalam kompetisi business plan mengenai diversifikasi pangan berbahan baku lokal. Sejak memenangkan lomba,v fajria mulai serius menekuni bisnis cokelat jamu itu. Dari pemilihan bahan baku, pembuatan, sampai pemasarannya, ia lakukan sendiri. Karena masih kuliah, untuk sementara ini penjualan hanya made by order dan saat ada event seperti Festival Jamu Internasional, pameran, dan bazar.
Varian dari produk Chocoherbs ada beberapa rasa, antara lain rasa kunyit, kencur, jahe, dan temulawak. Supaya konsumen faham khasiat jamu yang terdapat dalam cokelat tersebut, di kemasan, Fajria juga menuliskan manfaat apa saja bagi tubuh.

Banyak pembeli yang menyukai ChocoHerbs rasa temulawak. Mereka juga merasakan manfaatnya, nafsu makan pada anak-anak bertambah dan yang paling penting merubah stigma negatif rasa pahit jamu di dalam kemasan cokelat tersebut.  Sehingga, Chocoherbs merupakan salah satu wujud cinta pada warisan negeri sendiri. Mari kita dukung produksi jamu Indonesia supaya makin jaya di negeri sendiri.(penulis : hanna zahra)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekotak Cokelat Rasa Jamu Dari Mahasiswi UNDIP"

Post a Comment