Tanda-Tanda Beasiswa Palsu



BEASISWA sudah menjadi tren di kalangan akademisi yang terus mengejar pendidikan lebih tinggi. Tetapi, kewaspadaan dalam mencari informasi sangat perlu agar tidak terjebak dalam beasiswa palsu.
Supaya enggak jadi korban, simak beberapa tanda beasiswa palsu berikut ini.
Jaminan
Tidak ada lembaga representasi beasiswa yang bisa menjamin seorang pelamar pasti lolos seleksi dari donor tertentu. Jika menemukan hal ini, kamu patut waspada.

Tawaran tidak resmi
Waspadai juga telefon, surat atau e-mail yang memberimu penawaran beasiswa padahal kamu tidak pernah merasa melamar program tersebut. Ingat, ada proses seleksi yang harus dijalani dalam semua program beasiswa.
Bayaran
Tidak pernah ada program beasiswa yang mengharuskan pelamarnya membayar sejumlah uang terlebih dulu, termasuk untuk biaya pendaftaran.
Tawaran terbatas
Hal yang membatasi tawaran beasiswa adalah deadline pendaftaran. Selain itu, lembaga donor biasanya tidak memaksa orang untuk mendaftar ke program beasiswa mereka. Jika mendapat penawaran beasiswa dan kamu merasa tertekan untuk mengambilnya saat itu juga, bisa jadi penawaran tersebut palsu.
Informasi pribadi
Selain informasi biodata dasar, lembaga donor enggak akan meminta informasi pribadi seperti nomor rekeningmu. Informasi ini biasanya hanya akan diminta jika kamu sudah resmi lolos seleksi sebagai penerima beasiswa. Tetapi jika dalam proses pendaftaran kamu diminta mencantumkan informasi tersebut, waspadalah. Sebab, bisa saja hal tersebut disalahgunakan.
Syarat pendaftaran
Semua beasiswa resmi pasti memiliki syarat pendaftaran, entah itu umur maksimal, gelar pendidikan minimal, dan sebagainya. Waspadalah jika ditawari beasiswa tanpa syarat pendaftaran khusus.
Tidak bisa dikontak
Biasanya, lembaga pemberi beasiswa akan mencantumkan informasi kontak mereka untuk membantu para pelamar yang memiliki pertanyaan. Jika menemukan website beasiswa tanpa informasi kontak, maka kamu perlu mencurigai legalitasnya.
Nah, melamar beasiswa memang butuh waktu dan tenaga, tetapi tidak pernah mengharuskanmu membayar. Selain itu, jika tawaran beasiswa nampak terlalu indah dan mudah, jangan mudah percaya. Selamat berburu beasiswa!


source : okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda-Tanda Beasiswa Palsu"

Posting Komentar