Teknik Elektro UB Terakreditasi A BAN-PT dengan Nilai 378


Setelah melaksanakan asesmen lapangan pada bulan Mei lalu, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menetapkan Program Studi S1 Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) terakreditasi A (Sangat Baik). Keputusan ini diterbitkan dalam SK NOMOR: 581/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2015 yang berlaku mulai tanggal 22 Juni 2015-22 Juni 2020. Tertuang dalam SK tersebut, jumlah nilai akreditasi Jurusan Teknik Elektro adalah 378 dari maksimal 400.

Bagi jurusan yang telah berdiri sejak tahun 1978 ini, keputusan tersebut telah lama dinanti dan dicita-citakan oleh para sivitas akademika. Sebelumnya Jurusan Teknik Elektro FT-UB terakreditasi B dengan nilai 359, atau selisih hanya 2 poin dibawah standar akreditasi A.
Berdasarkan keterangan Ketua Jurusan Teknik Elektro FT-UB, M. Aziz Muslim, ST, MT, Ph.D, hasil ini diperoleh tak lepas dari kerja keras jurusan dalam mengejar dan memaksimalkan poin standar dan elemen penilaian akreditasi yang dimiliki jurusan.
Beberapa poin penting antara lain, peningkatkan publikasi ilmiah, jumlah karya dosen/mahasiswa yang telah memperoleh Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI), dan penghargaan internasional di bidang penalaran.
“Ditambah peningkatan peran alumni. Visitasi kemarin peran alumni lebih menonjol dari visitasi sebelumnya. Sehingga saat hari H banyak alumni yang jauh-jauh sengaja datang kemari untuk kepentingan akreditasi,” kata Aziz di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Dekanat, Kamis (20/8/2015).
Dengan hasil ini, Aziz Muslim mengaku lega sekaligus lebih termotivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas jurusan. Ke depan, pihaknya berwacana untuk menambah jumlah dosen bergelar doktor dan profesor, memaksimalkan jumlah mahasiswa lulus tepat waktu, dan meningkatkan dana hibah untuk penelitian dan pengabdian.
Senada dengan M. Aziz Muslim, Kaprodi S1 Teknik Elektro Ali Mustofa ST, MT berupaya meningkatkan kurikulum dalam arti konsistensi pelaksanaannya. Ditambah, bila jurusan ingin go international, maka pihaknya akan mempersiapkan kurikulum yang bersifat internasional melalui silabus dan materi perkuliahan berbahasa internasional.
Persiapannya pun dilaksanakan secara bertahap. Saat ini dimulai dengan pelaksanaan hibah Program Hibah Kompetisi (PHK-B2) yang arahnya menuju internasionalisasi. “Tidak bisa instan, sedikit demi sedikit arahnya menuju kesana,” kata Ali.
Secara khusus Aziz dan Ali mewakili Jurusan Teknik Elektro FT-UB menyampaikan terima kasih atas dukungan berbagai pihak atas prestasi ini. Apresiasi khusus diberikan kepada tim Task Force dan pimpinan jurusan terdahulu yang telah menyiapkan “pondasi” jurusan sehingga memudahkan kinerja pimpinan saat ini. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Elektro UB Terakreditasi A BAN-PT dengan Nilai 378"

Post a Comment