UNS Ingin Perbaiki Peringkat Kampus Terbaik

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menetapkan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) sebagai salah satu dari 11 perguruan tinggi negeri papan atas yang ada di wilayah Indonesia. Tapi, UNS ingin kembali menargetkan peringkat yang lebih tinggi sebagai kampus terbaik di Tanah Air.
Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi menyatakan, dengan peringkat UNS menduduki sembilan dalam 11 universitas terbaik di seluruh Indonesia merupakan sebuah prestasi terbaik bagi UNS, namun begitu hal ini sebagai cambuk bagi pihak kampus untuk bisa kembali lagi menorehkan peringkat yang lebih tinggi.

“Ada sebanyak 11 perguruan tinggi yang ditetapkan, dan UNS nomor urut sembilan di Indonesia. Kita harus meningkatkan kualitas lagi agar peringkat kita lebih tinggi," jelas Ravik usai upacara penyerahan mahasiswa baru strata 1 di kampus UNS, Solo, baru-baru ini.
Kemenristekdikti sebelumnya telah memutuskan 11 PTN terbaik pada 17 Agustus 2015. Perguruan terbaik di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan skor total 3.743 pada berbagai indikator yang digunakan Kemenristekdikti. Sedangkan, UNS mendapatkan skor total 3.035 dan menempati urutan sembilan.
Sementara itu terkait dengan mahasiswa baru, Wakil Rektor I UNS Prof Drs Sutarno menegaskan dari keseluruhan jumlah mahasiswa baru UNS yakni sebanyak 5.142 orang tercatat ada sekira 1.275 mahasiswa baru yang merupakan penerima beasiswa bidikmisi.
"Mereka yang menerima beasiswa bidikmisi akan mendapat bantuan dana sebesar Rp6 juta per-semesternya," ungkap Sutarno. Dana beasiswa bidikmisi Rp6 juta per semester itu dengan perincian Rp2,4 juta untuk biaya pendidikan dan Rp3,6 juta untuk biaya hidup mahasiswa.
Sutarno menegaskan, mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi merupakan mahasiswa dari kalangan keluarga tidak mampu di mana mereka sudah mengajukan permohonan beasiswa bidikmisi sejak mendaftar pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB).
"Setelah mereka dinyatakan lolos seleksi SPMB untuk selanjutnya dilakukan pengecekan lapangan, sebelum akhirnya disetujui pihak kampus," terang Sutarno.




Source : okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UNS Ingin Perbaiki Peringkat Kampus Terbaik"

Post a Comment