Idul Adha, Universitas Andalas Libur Dua Hari

Seluruh pegawai dan civitas akademika di Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mendapat jatah libur selama dua hari pada 23 dan 24 September. Kebijakan ini dikeluarkan untuk menghormati adanya perbedaan lebaran Idul Adha atau Haji 1436 H.
"Pemberian libur dua hari ini guna menghormati warga kampus yang melaksanakan ibadah salat Idul Adha pada waktu yang berbeda," kata Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Unand Eriyanty, di Padang, Selasa (22/9/2015).

Dia menyebutkan pemberian libur dua hari dikarenakan terdapatnya perbedaan pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha antara kelompok Muhammadiyah dan Pemerintah. Pengikut Muhammadiyah sendiri cukup banyak di Padang dan ada kemungkinan warga kampus yang merupakan jamaahnya akan shalat pada Rabu 23 September. Sementara jamaah lain, termasuk warga Unand akan melaksanakan salat Id pada Kamis, 24 September, mengikuti ketetapan pemerintah.
"Pemberian libur dua hari ini juga guna mengantisipasi keluhan dari para jamaah yang melaksanakan salat tersebut," katanya.
Selain pada pelaksanaan kedua hari tersebut Unand juga memberikan kesempatan izin kepada warga kampus yang melaksanakan salat Id pada Selasa, 22 September atau Jumat, 25 September. Meskipun begitu, karena jumlahnya tidak terlalu banyak maka tidak ada keputusan dari pimpinan kampus untuk meliburkan pada hari tersebut.
"Meskipun libur pimpinan mengharapkan agar warga kampus dapat ikut serta salat Id di Mesjid Unand dan pemotongan kurban," imbuhnya.
Eriyanty menyebutkan, pelaksanaan salat Id di kampus tersebut bertujuan meningkatkan silaturahim antarsesama serta berbagi rezeki dengan kurban.
Sementara itu, Salah seorang mahasiswa Anita menyayangkan sedikitnya waktu libur yang diberikan Unand kepada civitas akademika. Menurutnya, sudah seharusnya waktu libur diberikan lebih dari seminggu.
"Sebab lebaran haji itu berlangsung selama tiga hari. Bila Lebaran Rabu, maka liburnya hingga Jumat, begitupun dengan Kamis. Dengan begitu suasana Lebaran lebih terasa bersama keluarga dan sahabat," ucapnya. (source:okezone.com)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Idul Adha, Universitas Andalas Libur Dua Hari"

Post a Comment