IPB, Kampus Paling Inovatif di Tanah Air

foto : .jokowinomics.com

Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki banyak produk inovasi. Bahkan, kampus di Kota Hujan itu merupakan perguruan tinggi dengan penghasilan produk inovasi terbesar se-Indonesia.
"IPB punya ratusan inovasi. Sepanjang delapan tahun terakhir itu, dari 828 produk inovasi nasional, 316 karya atau 38 persen di antaranya dari IPB," klaim Rektor IPB, Prof Herry Suhardiyanto, dalam IPB Investment Summit di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis(3/9/2015).
Sayangnya, kata Herry, banyak produk hasil inovasi civitas akademika perguruan tinggi belum dilirik dunia bisnis. Menurutnya, ada sejumlah tahap yang perlu dilalui agar produk inovasi bisa dikomersialkan.

"Tetapi yang paling penting, sesuaikan betul inovasi tersebut dengan kebutuhan masyarakat," ujarnya.
Proses komersialisasi ini membutuhkan waktu bervariasi untuk setiap inovasi. Herry mengimbuhkan, jika produk tersebut sudah siap, maka inovator bisa melakukan pertemuan dengan perusahaan.
"Untuk yang prosesnya lama, biasanya produk sudah ada tapi masyarakat belum paham dalam penggunaannya," tambahnya.
Dalam IPB Investment Summit di Hotel Sultan, Jakarta, hari ini, terdapat empat cluster inovasi yang akan dipresentasikan di hadapan sekira 300 investor. Kluster tersebut adalah Food, Biomedicine, Feed and Biofertilizer, serta Machinery and Bioenergy.
Selama tujuh tahun terakhir ini, IPB telah melahirkan banyak inovasi. Bahkan, dari 721 inovasi yang ada, 278 di antaranya telah dipilih oleh Businness Innovation Center (BIC) sebagai inovasi paling prospektif. (source : okezone.com)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "IPB, Kampus Paling Inovatif di Tanah Air"

Posting Komentar