Jurusan Farmasi dan Peluang Kerjanya

Jurusan Farmasi, Akreditasi Jurusan Farmasi, Peluang Kerja Prospek Kerja Farmasi, Jurusan Farmasi yang bagus, peringkat jurusan Farmasi.

Kata-kata diatas adalah keyword yang kamu cari mengenai informasi jurusan farmasi. Infokampus.net kali ini mengulas tentang jurusan farmasi


foto : rsdrakgani.com

Farmasi (Bahasa Inggris: pharmacy,bahasa yunani: pharmacon, yang berarti: obat) merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung-jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien di antaranya layanan klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat.  Farmasis (apoteker) merupakan gelar profesional dengan keahlian di bidang farmasi. Farmasis biasa bertugas di institusi-institusi baik pemerintahan maupun swasta seperti badan pengawas obat/makanan, rumah sakit, industri farmasi, industri obat tradisional, apotek, dan di berbagai sarana kesehatan

Apa yang dipelajari di jurusan farmasi
Dalam perkuliahan nanti kamu akan mempelajari :
*Senyawa Kimia
*Kesehatan Manusia
*Farmakologi
*Kimia Lingkungan
*Biologi Molekuler
*Pembuatan Obat
*Teknik Meracik Obat dan banyak lagi

Bidang  yang dipelajari dalam farmasi

Dalam ilmu farmasi setidaknya terdapat 4 bidang, yaitu :

1. Farmasi Klinik. Dalam bidang ini kamu akan mempelajari tentang kesehatan dan jenis obat apa yang sesuai, Bagi kamu yang ingin jadi apoteker, maka bidang farmasi inilah yang harus kamu dalami.

2. Farmasi Industri. Dalam bidang ini kamu akan belajar bagaimana membuat dan meracik obat yang aman dan manjut serta sesuai dosisnya. Selain itu, kamu juga akan diajari masalah penanganan limbah industri serta masalah pemasaran obat itu sendiri.

3. Farmasi Sains. Pada bidang ini dibahas proses pengembangan senyawa obat baru, sintesis obat, oprimasi penggunaan obat baru, sintesis obat, optimasi penggunaan obat, dan analisis terhadap senyawa lainnya. Bagi kamu yang ingin menjadi seorang peneliti farmasi, maka bidang inilah yang harus kamu kuasai.

4. Farmasi Obat Tradisional. Dari namanya saja kita dapat menangkap bahwa obat trasisonal menjadi pokok bahasan utama dalam bidang ini. Di bidang ini akan dikaji secara empirik obat-obatan tradisional yang ada. Maksudnya, obat tradisional di sini adalah obat-obatan yang berasal dari alam dan hewan.

Jurusan Farmasi yang terbaik di kampus mana ya?
Sebagai salah satu jurusan yang difavoritkan ribuan calon mahasiswa baru tiap tahunnya, berikut kami sajikan daftar universitas negeri yang memiliki program studi farmasi dengan akreditasi A:

1. Farmasi ITB                                       (Akreditasi A)
2. Farmasi UI                                        ( Akreditasi A)
3. Farmasi UGM                                   ( Akreditasi A)
4. Farmasi Unair                                    ( Akreditasi A)
5. Farmasi Unpad                                  ( Akreditasi A)
6. Farmasi USU                                     ( Akreditasi A)
7. Farmasi Unand                                   ( Akreditasi A)
8. Farmasi Unhas                                   ( Akreditasi A)


Peluang Kerja Sarjana Farmasi

1.Tenaga pendidik atau peneliti farmasi

Bila lulus di jurusan farmasi bisa saja anda akan menjadi seorang dosen, walaupun saat ini untuk menjadi dosen di butuhkan gelar master, namun bila anda adalah orang yang cerdas bisa saja terjadi. selain sebagai tenaga pengajar anda juga bisa menjadi seorang peneliti di bidang tanaman yang bisa dijadikan obat. apalagi indonesia adalah negara yang kaya akan potensi alamnya.

2. Instansi pemerintah ( PNS )


Anda juga bisa bekerja di badan POM ( Pengawasan Obat Makanan ), Kementrian kesehatan, Dan dinas-dinas kesehatan di daerah seperti rumah sakit dan puskesmas.

3. Sektor swasta

Banyak sekali perusahaan swasta yang membutuhkan lulusan farmasi untuk bekerja di prusahaanya. dan ini adalah sebuah kesempatan bagi anda untuk mendapatkan sebuah  pekerjaan. guna mendapatkan pengalaman kerja.

4. Rumah sakit, apotik, dan laboratorium klinik

Lulusan farmasi bisa bekerja di rumah sakit, dan juga di apotik namun ntuk menjadi seorang apoteker profesional di berbagai lembaga kesehatan, seorang lulusan farmasi harus mengambil pendidikan keprofesian apoteker selama dua smester, nah dan dengan sertifikat yang di dapat selama ngambil pendidika keprofesian apoteker itulah yang dapat membuat seorang lulusan farmasi disebut apoteker selanjutnya bisa mendirikan apotik sendiri.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurusan Farmasi dan Peluang Kerjanya"

Post a Comment