Lima Karya Mahasiswa FK Unpad Tampil di Korea

Sebanyak 5 makalah karya mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Unpad yang tergabung dalam Kelompok Kegiatan Mahasiswa (KKM) Science and Research Center (SRC) terpilih untuk ditampilkan di Conference of Indonesian Student Association in Korea (CISAK) 5-6 September 2015 lalu. Acara ini digelar oleh Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan, diikuti oleh sejumlah mahasiswa Indonesia yang sedang studi di berbagai negara di dunia.
“SRC mengirim beberapa paper. Alhamdulillah ternyata yang lolos itu ada 5 paper. Satu untuk oral 4 poster,” ungkap salah seorang mahasiswa delegasi FK Unpad, Aang Setiawan saat diwawancarai Humas Unpad, Rabu (16/09) di Ruang UPT Humas Unpad, Gedung Rektorat kampus Jatinangor.

Pembuatan paper sendiri dilakukan oleh tim yang terdiri dari tiga hingga empat mahasiswa. Satu tim boleh mengirimkan lebih dari satu makalah. “(Yang lolos) itu 4 tim. Jadi ada satu tim yang lolos dua paper, tim saya,” ungkap Aang.

Tim yang terdiri dari Aang Setiawan, Afandi Charles, Nessa Nuriftifa, dan Vera Amalia Lestari berhasil meloloskan makalahnya berjudul “Development of Monoclonal Antibody Anti-GD2 Madalities as Immunotherapy for Neuroblastoma High Risk Prognostik” untuk dipresentasikan secara oral. Dengan dosen pembmbing Edhyana K. S., dr., Ph.D, makalah ini dipesentasikan di Cluster Health & Pharmacy. Di cluster yang sama, tim ini pun berhasil meloloskan makalahnya untuk presentasi poster berjudul “Recombinant Subunit Vaccine as A Potential Dengue Vaccine in Preventing & Decreasing Dengue Infection (Literature Review) dengan dosen pembimbing Fathul Huda, dr., Ph.D.
Masih di cluster Healthcare & Pharmacy, tim yang terdiri dari Ulrike Panjaitan, Nunuy Nuraeni, dan Aghitsa H. M. Berhasil meloloskan makalahnya berjudul “Identification of Flavonoid in Aqueous Extraction of Leucaena Leucochephala Seeds as a Potential Adjuvant Therapy for Management DM Type 2 (Literatur Review)”, untuk presentasi poster. Selain itu, juga ada makalah berjudul “Personalized Anti TB Drugs” Based on Acetylator Status Detection in Urine by High Performance Liquid Chromatography Method (Literature Review)” karya Vera Dianwari, Suhendra Praptama, dan Alifah Taqiyyaa dibawah bimbingan M. Ghozali, dr., Ph.D untuk dipresentasikan melalui poster.
Sementara untuk cluster Food, Agricultur, & Fisheries, poster berjudul “Food Fortification as Prevention & Management Micronutrient Deficiency in Indonesia (Literatur Review)” dipresentasikan. Makalah ini disusun oleh Amilia, M. Ilman, Kartika, dengan dosen pembimbing Dr. Yana A. S., dr., SpPD-KP
Dalam kegiatan tersebut, para peserta bukan hanya melakukan presentasi oral atau poster, tetapi para peserta juga mendapatkan materi seminar dan melakukan city tour. Dengan mengikuti konferensi ini, banyak manfaat yang didapat oleh Aang. Diantaranya adalah sebagai media pembelajaran baginya dalam membuat makalah untuk ajang internasional, mendapat pengalaman presentasi di luar negeri, serta memperoleh ilmu baru dari para pembicara seminar.
Aang sendiri mengaku, alasan utama ia mengikuti konferensi ini adalah agar ia dapat belajar sebanyak mungkin, terutama mendapatkan pengalaman dalam berkompetisi. Aang mengungkapkan, KKM SRC yang diikutinya ini memang mengasah para anggotanya dalam membuat penelitian atau studi litelatur untuk kemudian dapat dikompetisikan. Kompetisi diikuti secara bertahap, mulai dari internal FK Unpad sendiri, nasional, kemudian internasional.* (source:unpad.ac.id)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Karya Mahasiswa FK Unpad Tampil di Korea"

Post a Comment