Tim Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Memukau Jepang

Tim Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sedang mengikuti Formula SAE di Jepang. Walau ini pertama kalinya UNY mengikuti kompetisi tersebut, Tim Garuda berhasil memukau penonton di Stadium Ecopa Jepang karena berhasil menyelesaikan lap endurance sepanjang 20 km.
Bahkan, ahli Formula SAE, Claude Roulle menyatakan, keberhasilan tersebut jarang terjadi pada tim yang beru pertama kali ikut kompetisi.

"Ini adalah tim dan mobil pemula (tahun pertama) terbaik yang penah saya lihat," ujar Roulle, seperti dilansir dari laman UNY, Senin (7/9/2015).

Saat proses pengujian endurace, performa mobil Garuda UNY sempat menurun pada klimaks care. Namun untungnya mobil tersebut bisa kembali stabil. Secara bergilir, dua pengendara Garuda UNY yaitu Hasbi Brilian Kumara dan Rony Suprapto memacu Garuda UNY F15 di arena.
Rony menyampaikan, tugasnya adalah menstabilkan kendaraan agar efisiensi bahan bakar kendaraan tetap terjaga. "Dari 10 lap yang harus saya tempuh, saya kebablasan satu lap. Jadi, saya mengendarai mobil dalam 11 lap. Tapi itu tidak jadi masalah, karena Marshall jauh di belakang dan saya tidak melihat. Dalam race ini saya tidak menginjak rem sama sekali, hanya ramuan pas untuk injakan kopling," paparnya.
Sementara Hasbi mengungkapkan, selama dia bisa mengemudi kendaraan, pertandingan inilah yang membuatnya paling puas. Namun dia juga mengakui menghadapi kendala saat memacu Garuda UNY F15.
"Saya mengalami kesulitan mengontrol mobil karena ban depan mobil sudah habis. Saya ketar-ketir karena merasa mobil akan mati. Benar saja, kurang 25 meter menuju finish mesin mati. Saya hanya bisa berdoa. Alhamdulilah mesin mobil bisa menyala lagi dan bisa finish. Ini merupakan sebuah mukjizat, tidak dimungkiri, tangan Tuhan berperan,” imbuhnya.
Rektor UNY Prof Rochmat Wahab yang secara langsung menyaksikan pertandingan tersebut terus memberikan semangat dan doa untuk timnya.
"Situasinya mencekam. Saya sampai tidak bisa ngomong. Dari kompetisi ini kita belajar untuk sabar menahan diri. Kunci dari keberhasilan hari ini adalah racer dan pembimbing," tuturnya. (source : okezone.com)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tim Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Memukau Jepang"

Posting Komentar