UI Juarai Kompetisi Akuntansi Nasional

Anak UI menunjukkan dominasi mereka dalam bidang akuntansi. Belum lama ini, tim mahasiswa UI menjuarai kompetisi akuntansi nasional yang dihelat Badan Akuntansi Internasional, CPA Australia.
Setelah UI, posisi kedua ditempati oleh Universitas Pelita Harapan (UPH). Sedangkan peringkat ketiga diraih oleh Universitas Mercu Buana (UMB).

"Kompetisi ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk memotivasi dan membantu mempersiapkan calon akuntan Indonesia menjadi akuntan berkualitas handal yang siap berkompetisi dalam pasar global," kata President of The Advisory Committee of CPA Australia, Indonesia Representative Office, Athanasius Tanubrata, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (1/9/2015).
Kompetisi berlangsung menggunakan bahasa Inggris untuk seluruh babak. Sebanyak 37 tim, masing-masing terdiri dari tiga mahasiswa jurusan akuntansi yang mewakili universitas negeri dan swasta di wilayah Pulau Jawa berkumpul dan berkompetisi dalam menjawab pertanyaan, studi kasus dan menyelesaikan masalah ekonomi lainnya.
"Semua menggunakan standar internasional," tegas pria yang akrab disapa Thano itu.
Dia berharap, kompetisi ini juga mendorong perkembangan profesi akuntan di Indonesia, sekaligus membudayakan good corporate governance atau penerapan tata kelola yang baik pada perusahaan. Thano mengklaim, memiliki designasi CPA Australia akan meningkatkan posisi akuntan profesional di Indonesia menjadi diakui secara internasional - terutama di Masyarakat Ekonomi ASEAN.
"Seiring dengan komitmen CPA Australia untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas akuntan profesional di Indonesia, para pemenang dari kompetisi ini akan mendapat beasiswa dari CPA Australia," imbuhnya.
Sementara itu perwakilan Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Kementerian Keuangan Republik Indonesia Yudi Irmawan menuturkan, arus bebas tenaga kerja terampil membuka kesempatan bekerja seluas-luasnya bagi penduduk ASEAN. Meskipun demikian, ada regulasi yang mengatur kebijakan tersebut.
"Kita punya Mutual Recognition Agreement (MRA). Kebijakan ini adalah sertifikasi kesetaraan atau pengakuan yang memberikan keleluasaan mencari pekerjaan untuk para akuntan profesional di negara-negara ASEAN sehingga para penduduknya dapat bekerja di negara satu dan lainnya tanpa ada hambatan," jelasnya.

source : okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UI Juarai Kompetisi Akuntansi Nasional"

Posting Komentar