Universitas Andalas Juara I Nasional Pada Lomba Robot Terbang Indonesia III Tahun 2015

Sangat membanggakan Universitas Andalas setelah karya mahasiswa terbaiknya mampu menciptakan pesawat tanpa awak (DRONE) dan juara satu Nasional pada kelas Race Jet Fligh setelah mengalahkan juara bertahan PENS (Politeknik Elektro Negeri Surabaya)di final, 17-19 September 2015 yang lalu. Kegiatan KRTI 2015 yang berlangsung  hingga Minggu 20 September 2015 di Lapangan Gading, Wonosari, Gunungkidul Jogyakarta.Dalam kontes ini, peserta ditantang untuk mendesain, membuat serta menerbangkan sebuah pesawat. Tantangan yang diberikan mengharuskan peserta mendapatkan kompromi antara geometri pesawat, konstruksi dan sistem elektronik yang diintegrasikan pada pesawat terbang.

Sebelum ikut lomba KRTI ini di Jogyakarta, tim telah melakukan persiapan yang berulang-ulang untuk memastikan pesawat dapat terbang sampai setinggi 100 m dan berputar-putar mengelilingi lahan kampus Unand Limau Manis dan kembali landing dengan selamat.
Aplikasi dari teknologi drone ini adalah untuk pemotretan udara, memantau daerah perbatasan, memantau kebakaran hutan, bencana, lalu lintas dan juga untuk pesawat mata-mata.Tim Unand ini terdiri dari,Fahmul Ihsan, Gusman Arief dan Roffi Ardinata yang dibimbing oleh Dendi, ST.MT dari jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas.
Menurut Wakil Rektor III Dr.Ir. Aprisal, M.P kedepan Universitas Andalas akan terus mengembangkan teknologi robot terbang ini dalam KRTI ke IV nanti pada berbagai tipe lomba.Mendukung dan mendorong kreativitas mahasiswa adalah motto dari bidang kemahasiswaan(student first).Dengan demikian mahasiswa akan terus berprestasi dan berkonstribusi terhadap Universitas.
Rektor, Prof, Dr Werry Darta Taifur, SE., MA atas nama pimpinan Universitas Andalas mengucapkan selamat atas prestasi dan juara satu Nasional pada kelas Race Jet Fligh yang diraih tim dari Universitas Andalas dibawah bimbingan Dendi, ST.MT. Semoga kedepannya dapat lebih sukses lagi serta bermanfaat bagi masyarakat.
Tantangan ke depan peserta KRTI ini semakin berat disamping jumlah peserta meningkat dan penguasaan teknologi juga semangkin meningkat. Perguruan tinggi yang ikut finalis nasional di Jogyakarta pada KRTI III ada 71 tim dari 36 perguruan tinggi.  Kegiatan KRTI ini merupakan salah satu kegiatan tahunan dari DIKTI bidang kreativitas mahasiswa. (source:unand.ac.id)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Universitas Andalas Juara I Nasional Pada Lomba Robot Terbang Indonesia III Tahun 2015"

Post a Comment