USU Medan Lepas Rombongan PERMATA (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air) 2015

Universitas Sumatera Utara (USU) pada tahun 2015 kembali mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air (PERMATA). Tahun ini, akan diberangkatkan 16 orang mahasiswa USU ke berbagai   universitas yang berbeda di antaranya; Fakultas Hukum UNAIR Surabaya, Jawa Timur sebanyak 2 orang,  Fakultas Hukum, Pertanian dan ISIP UNHAS  Makassar, Sulawesi Selatan sebanyak 6 orang,  Fakultas ISIP, Kedokteran dan Ekonomi UNPAD, Bandung, Jawa Barat sebanyak 6 orang dan  Fakultas Pertanian UNSRAT, Manado, Sulawesi Utara sebanyak 2 orang.
Sementara mahasiswa luar  yang akan berkunjung ke USU diperkirakan sebanyak 11 orang di antaranya dari  UNHAS  3 orang, UNSRAT   2 orang dan  UNPAD sebanyak 6 orang.  

Pelepasan rombongan mahasiswa PERMATA USU 2015 yang akan berangkat  dilaksanakan Sabtu (29/08/2015). Hadir dalam acara itu Wakil Rektor III USU Drs. Raja Bongsu Hutagalung, MSi, Wakil Rektor IV USU Prof. Ningrum Natasya Sirait dan seluruh rombongan PERMATA USU 2015.

Dalam sambutannya Wakil Rektor IV Prof. Ningrum Natasya Sirait berpesan kepada rombongan untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik–baiknya sehingga hasil yang didapat dari program PERMATA ini nantinya dapat berguna untuk pribadi dan universitas.


Rombongan PERMATA USU 2015 telah berangkat  31 Agustus 2015. Lama pertukaran yang akan dijalankan seluruh peserta PERMATA 2015 adalah 1 semester.  Seluruh biaya peserta PERMATA USU 2015  ditanggung oleh DIKTI. Hal ini dimaksudkan agar para peserta tidak mengalami beban dan kendala dalam menjalani kegiatan PERMATA  di universitas lain, sehingga para peserta nantinya dapat lebih fokus dalam menerima mata kuliah yang ada.
Secara umum tujuan dari kegiatan PERMATA adalah untuk: meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa melalui pertukaran mahasiswa PTN se Indonesia, meningkatkan integritas, solidaritas, dan perekat kebangsaan antar-mahasiswa se-Indonesia. Mempersiapkan pemimpin bangsa yang memiliki karakter nasional yang berwawasan kebangsaaan NKRI. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan dan memanfaatkan fasilitas pendidikan dan suasana akademik di PTN tujuan. Memperkecil kesenjangan mutu pendidikan antar PTN se Indonesia.

Secara khusus program PERMATA ditujukan untuk membangun dan memperkuat nasionalisme mahasiswa, meningkatkan komunikasi mahasiswa lintas PTN dan lintas budaya, serta memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil perkuliahan di PTN yang memiliki keunggulan dan kekhasan keilmuan tertentu sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari mahasiswa yang bersangkutan, serta atmosfir akademik yang berbeda melalui peningkatan mobilitas mahasiswa.

Kerjasama sesama perguruan tinggi maupun dengan lembaga lain sangat penting bagi pembangunan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Kerjasama pendidikan akan memberikan peluang bagi pendidikan tinggi nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan, memperluas akses dan memperkuat jejaring antar perguran tinggi nasional. Kerjasama akan berdampak pada perluasan wawasan kebangsaan bagi sivitas akademika perguruan tinggi, meningkatkan sinergi antara perguruan tinggi, meningkatkan efisiensi sumber daya untuk pembelajaran dan riset, menumbuhkembangkanCenter of Excellence, meningkatkan standar mutu antar perguruan tinggi nasional, membangun kapasitas bersama untuk meningkatkan daya saing bangsa, dan memperkuat peran perguruan tinggi sebagai perekat persatuan negara.

Atas pertimbangan itu, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dengan bimbingan dan arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kemudian bertekad untuk menyelenggarakan kegiatan PERMATA yaitu kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiwa PTN se tanah air untuk mengikuti pekuliahan yang relevan di PTN lainnya di seluruh nusantara,  sepanjang memenuhi krteria yang telah ditetapkan, dalam bentuk kegiatan akademik atau “creditearning or credit transfer".

Dalam program PERMATA 2014 lalu, USU telah mengirimkan 11 orang mahasiswanya dari Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran, ke UNPAD dan UNHAS.  Peningkatan jumlah tahun ini menunjukkan, ada peningkatan partisipasi dan minat dari peserta program PERMATA USU 2015 dan Universitas Negeri di Indonesia. (source : usu.ac.id)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "USU Medan Lepas Rombongan PERMATA (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air) 2015"

Post a Comment