Rektor Unhas Pimpin Para Rektor PTN Indonesia ke Finlandia

Rektor Universitas Hasanuddin Prof.Dr.Dwia AriesTina Pulubuhu, M.A. memimpin rombongan para rektor sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesi dalam kunjungan kerja pendidikan tinggi Indonesia ke Finlandia, 25 hingga 26 September 2015.  Rektor Unhas langsung dari Finlandia menyebutkan para rektor yang melawat itu masing-masing ITB, UI, IPB, UGM, UNJ, dan UPI Bandung bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Ainun Na’im.

Dwia Aries Tina Pulubuhu dalam keterangannya sebagaimana disampaikan Kepala Humas dan Protokol Unhas M.Dahlan Abubakar, kunjungan kerja ini sebagai tindak lanjut kunjungan Menteri Riset dan Dikti M.Nasir  April 2015 silam.



Di Helsinki kegiatan para rektor adalah workshop dengan Rektor-rektor  Pendidikan Tinggi terkemuka di Finlandia, yaitu Universitas of Turku, Finland University, dan Tampere University.  Hasil Workshop memfokuskan kerjasama dalam 4 bidang yg utama: Kehutanan, kesehatan, Cyber Security, dan pendidikan guru.
Menurut Dwia, Pendidikan di Finlandia gratis bagi warganya dari taman kanak-kanak sampai S-3.
“Negara ini sangat maju  dalam Teknologi, Bioteknologi, Manajemen pengolahan Hutan dan Industri, kesehatan, dan sistem pendidikan Guru,’’ kata Dwia
Unhas saat ini telah mengirim dosen untuk S-3 dalam bidang kehutanan. Dan yang akan datang akan mengirim dosen untuk Bidang kesehatan (Biomedis dan Patologi), Bidang IT (cyber security). Kesempatan juga terbuka bagi mahasiswa untuk program pertukaran.
Negara Finlandia telah akrab dengan Indonesia karena menjadi mediator perdamaian Aceh. Melalui peranan Marti Ahtisaari Mantan presiden Finlandia yang menjadi Partner M.Jusuf Kalla (JK) dalam proses perundingan Indonesia dan GAM.
Kunjungan kerja delegasi indonesia menjadi topik hangat dan diberitakan di koran nasional Finlandia. Dubes Indonesia untuk Finlandia, Elias Ginting, sangat mendukung kegiatan ini dan mendampingi selama para rektor indonesia di Finlandia.
Rektor Unhas yg diberi mandat sebagai ketua delegasi oleh Sekjen Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sangat optimis kerjasama akan terealisasi secara konkrit karena mendapat dukungan penuh dari pemerintah indonesia dan Finlandia. (source : kabarmakassar.com)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rektor Unhas Pimpin Para Rektor PTN Indonesia ke Finlandia"

Post a Comment