Tingkatkan Kualitas Lulusan Fakultas Keperawatan Unand Lakukan Student Exchange

Untuk mewujudkan visi menjadi Program Studi Ners dalam bidang keperawatan professional dengan kemitraan masyarakat yang terkemuka dan bermartabat ditingkat nasional dan internasional pada tahun 2022, Program Studi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas mengirim sebanyak 6 orang mahasiswa S1 melakukan program Student Exchange ke University Of Malaya, Malaysia pada 1-30 Oktober 2015 serta 50 orang mahasiswa Program Studi S2 Keperawatan utuk mengikuti program Benchmarking Ke University Of Malaya, Malaysia dan Hospital Dermai Tampoi Johor Bahru pada 7-9 Oktober 2015. Ke 56 orang mahasiswa ini dilepas secara resmi oleh Dekan Fakultas Keperawatan Unand pada Rabu, 30 September 2015 di Fakultas Keperawatan Unand. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Dekan III, Kaprodi S1 Keperawatan, Koordinator Program Studi S2 Keperawatan, Kabag dan pimpinan Fakultas Keperawatan Unand lainnya.

Dekan Fakultas Keperawatan Unand, Prof. Dr. Dachriyanus, Apt menyebutkan bahwa student exchange ini merupakan kedua kalinya dimana sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan yang sama pada tahun 2014 dengan mengirim 10 orang mahasiswa yang telas disaring ditingkat fakultas. Untuk tahun ini penyaringan lebih ketat karena dilaksanakan ditingkat universitas sehingga terpilih 6 orang mahasiswa Keperawatan untuk mengikuti student exchange ke Malaysia. Dari segi jumlah memang berkurang dari tahun sebelumnya. Sementara untuk program Benchmark bagi mahasiswa S2 , kegiatan ini perdana dilakukan guna mengaktifkan MoU yang sudah ada dengan universitas di Malaysia dan universitas lainnya di dunia.
Prof. Dachriyanus mengatakan bahwa student exchange ini  dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas lulusan sesuai dengan visi dan misi Program Ners Fakultas Keperawatan. Selain itu dengan adanya student exchange mahasiswa dapat mengetahui asuhan pelayanan kesehatan yang ada di Malaysia. Sehingga lulusan Keperawatan Unand dapat bersaing ditingkat nasional bahkan internasional.
Prof. Dachriyanus juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama Fakultas Keperawatan Unand dengan University Of Malaya, Malaysia. Kerjasama yang terjalin saat ini memang baru sebatas pertukaran mahasiswa, namun tentun terus dikembangkan. Prof. Dachriyanus mencontohkan saat ini dosen pembimbing program S2 sudah ada yang berasal dari Malaysia. Selain itu, tidak tertutup kemungkinan akan melaksanakan praktek profesi di Malaysia.
Fakultas Keperawatan Unand sudah melakukan penjajakan kerjasama  dengan Prince of Songkla University Thailand pada April 2015 dan Fakultas Keperawatan juga sudah mempunyai kerjasama dengan University Malaysia Sarawak UNIMAS.
Sementara itu, Kaprodi S1 Keperawatan Unand, Nelwati, S.Kp, MN mengatakan bahwa student exchange tahun ini diikuti oleh 6 orang mahasiswa S1 yang  akan melaksanakan kegiatan selama 4 minggu, 2 minggu mengikuti kegiatan perkuliahan dan pratikum dikampus, 2 minggu melakukan observasi pelayanan kesehatan  di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Malaya.
Nelwati, S.Kp, MN menjelaskan manfaat kegiatan student exchange ini yaitu mahasiswa mendapat input wawasan yang lebih mengenai pendidikan keperawatan di Malaysia serta bagaimana pelayanan asuhan dari Rumah Sakit Malaya. Selain itu, mahasiswa dituntut untuk siap menghadapi globalisasi dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah didepan mata sehingga mahasiswa dapat bersaing secara nasional dan internasional.
Disisi lain, Koordinator Program Studi S2 Keperawatan Unand, Dr. Yulastri Arif S.Kp, M.Kep mengatakan bahwa Program Benchmark ini merupakan program awal dari program studi S2 yang nantinya akan ditindak lanjuti dengan pertukaran mahasiswa dan dosen. Ini program Benchmark pertama dan Prodi S2 Keperawatan memilih Ke University Of Malaya, dan Hospital Dermai Tampoi Johor Bahru sebagai tempat prakteknya.
 Untuk semester berikutnya sebagai perbandingan akan dilaksanakan Benchmark ke Thailand dan akan dipilih beberapa universitas dan pelayanan kesehatan yang ada disana. Sehingga dengan adanya kunjungan ini Prodi S2 Keperawatan Unand dapat memilih dengan universitas mana Unand akan melakukan pengembangan kerjasama (MoU) agar terjalin proses pertukaran mahasiswa dan dosen di kedua perguruan tinggi.
Dr. Yulastri Arif juga menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan guna mencoba berkolaborasi antara Unand dan univeristas Malaya dalam kegiatan-kegiatan akademik seperti dalam pengajaran, joint research, dan jika memungkinkan melaksanakan pengabdian masyarakat bersama.
 Yuni Aris, Perwakilan Mahasiswa Program Student Exchage  S1 mengatakan sangat antusias mengikuti kegaitan ini karena selain mendapatkan pengetahuan dibangku perkuliahan, mahasiswa juga dapat kesempatan untuk mengali pengetahuan di luar negeri sebagai bekal untuk menghadapi persaingan global.
Yudistira, mahasiswa S2 Program Benchmark juga menambahkan dengan kegiatan ini mahasiswa akan mengetahui kolaborasi sistem pengajaran di kedua universitas, prosedur pembiayaan beasiswa, plus minus pelayanan kesehatan disana dan berbagai manfaat lainnya. (source:unand.ac.id)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tingkatkan Kualitas Lulusan Fakultas Keperawatan Unand Lakukan Student Exchange"

Post a Comment