Tentang Beasiswa Pemerintah Korea Selatan Tahun 2016 (Korean Government Scholarship Program)

KGSP for Graduate Degree will be open.
So, already for it?

Bagi para lulusan SI atau S2 yang sedang berburu beasiswa ke Korea Selatan, aku beritahu jika beasiswa paling oke ini sebentar lagi akan dibuka. Karena biasanya NIIED akan mengumumkannya di awal tahun dan rata-rata akan close di akhir February atau awal Maret. Meskipun, ada beberapa universitas yang memberikan extend sampai akhir Maret.
Sebagai gambaran bagi yang belum tahu, aku akan memberikan sedikit penjelasan apa sih KGSP itu karena meskipun menurutku ini cukup terkenal, ternyata banyak mahasiswa yang belum mengetahuinya.

KGSP atau singkatan Korean Government Scholarship Program merupakan salah satu beasiswa paling besar yang bisa didapat dari pemerintah Korea Selatan. Beasiswa ini dibagi dalam dua jalur penerimaan, yaitu jalur universitas (university quota) dan kedutaan (embassy quota). Apa bedanya?
Jalur universitas, kita langsung mengirim aplikasi beasiswa ke universitas yang dituju. Untuk jalur ini kalian hanya akan memilih satu universitas dan satu major. Jadi pastikan tidak salah pilih ya. Dan satu lagi, karena setiap universitas memiliki periode yang berbeda jadi pastikan kalian tidak terlambat.
Untuk jalur kedutaan, kalian mengirimkan aplikasi langsung ke kedutaan Korea Selatan di Indonesia, tepatnya di Jakarta. Di jalur ini, kalian bisa memilih tiga universitas sebagai pilihan. Sehingga nantinya NIIED akan menanyakan langsung universtas mana yang mau menerima kalian. Jalur ini memiliki jadwal sendiri juga sehingga kalian perlu langsung cek di website resminya.
Ingat, kalian perlu mengirim hard copy sehingga pastikan tidak mengirimkannya terlalu mepet. Paling tidak membutuhkan 7-8 hari untuk pengiriman via EMS ke Korea Selatan dari Indonesia (tergantung daerah masing-masing). Dan untuk ke Jakarta kalian butuh waktu berbeda-beda sesuai dengan daerah kalian, seperti jika kalian tinggal di kota besar, butuh sekitar 2-4 hari via Pos Kilat atau Express.
Pastikan kalian membaca setiap step jalur karena tidak sedikit universitas yang menginginkan pendaftaran online terlebih dahulu baru pengiriman hard copy, atau keduanya dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Prasyarat juga perlu dilihat ya dan pastikan semuaya sesuai dengan apa yang diminta.
Gambaran umum untuk proses seleksinya ada beberapa tahap. Tahap pertama adalah review document. Aplikasi yang sesuai masuk ke tahap kedua, yaitu akan diminta untuk melakukan wawancara via telepon atau Skype. Dari tahap pertama dan kedua, butuh sekitar 1 bulan atau kurang, baik via kedutaan atau universitas. Jika via kedutaan, pihak kedutaan sendiri yang akan mewawancarai kalian. Sedangkan via universitas, pihak universtas yang langsung menelepon kalian.
Setelah tahap wawancara, tahap selanjutnya adalah review dari NIIED. NIIED selaku pemberi beasiswa akan menyeleksi keseluruhan hasil, baik via universitas atau embassy. Biasanya NIIED akan menempatkan maksimal 3 orang dari Negara yang sama di satu universitas. Sehingga untuk beberapa universitas terkemuka, persaingan akan semakin ketat. Sedangkan untuk embassy quota, biasanya kedutaan merekomendasikan kepada NIIED lebih dari quota. Contohnya, jika tahun ini quota untuk kedutaan adalah 10 orang, mereka akan merekomendasikan 13-15 orang.
Tahap akhir adalah melihat kalian lolos atau tidak. Pengumuman bisa langsung dilihat di announce NIIED atau di website resmi kedutaan. Pemberitahuan via email dan telepon juga akan dilakukan.
Untuk info langsung kalian bisa langsung cek pengumuman di www.niied.co.kr, www.mofat.go.id, atau website masing-masing universitas. Aplikasi bisa di download langsung di niied atau di mofat.

Semoga bermanfaat ya [Azalea]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tentang Beasiswa Pemerintah Korea Selatan Tahun 2016 (Korean Government Scholarship Program)"

Post a Comment