Ini Dia Beberapa Tips Yang Wajib Diketahui Pengemudi Untuk Menghemat BBM

Ini Dia Beberapa Tips Yang Wajib Diketahui Pengemudi Untuk Menghemat BBM
Pada saat harga BBM mahal maka akan mahal juga harga harga dari yang lainnya. Masyarakat dituntut untuk bisa berhemat pada saat kondisi semakin sulit. Bukan hanya urusan belanja saja yang harus irit tetapi juga kita harus irit pada saat berkendara. Jika memang tidak begitu dibutuhkan maka sebaiknya tidak menggunakan mobil. Jika jarak tempuhnya tidak terlalu jauh maka alangkah baiknya jika dengan berjalan kaki. Tetapi jika memang perlu untuk berkendaraan maka harus benar didalam menggunakannya. Para pengemudi selain harus berkendara dengan aman tetapi juga harus mengetahui tips hemat BBM.


Berikut beberapa tips yang wajib diketahui pengemudi untuk menghemat BBM diantaranya yaitu :
1.       Dengan Selalu Mengecek Mesin Kendaraan
Konsumsi bahan bakar mobil akan sangat dipengaruhi oleh kondisi mesin yang selalu prima. Oleh karena itulah selalu mengecek mesin kendaraan secara rutin merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Untuk mengeceknya ini sangat mudah yaitu setiap akan berkendaraan maka sebelumnya mesin mobil dinyalakan lalu bunyinya didengarkan. Mesin yang normal pada saat dinyalakan akan menghasilkan bunyi yang terdengar halus sesuai dengan jenis mesin mobil tersebut.
2.       Hindari Melakukan Pengereman Yang Mendadak Dan Akselerasi Yang Berlebihan
Pengereman yang dilakukan secara mendadak selain akan mengikis rem dengan cepat, tetapi juga jika sering dilakukan pengereman maka akan lebih seringnya memulai tarikan dari titik terbawah. Hal ini tentunya akan sangat berdampak kepada jumlah bensin yang harus dibakar.
3.       Menjaga RPM Mesin
Pada saat akan mengoper gigi mesin juga diperlukan tekhnik. Kita harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengoper gigi supaya penggunaan BBM akan lebih hemat. Bagi mobil yang menggunakan mesin bensin maka sebaiknya melakukan pengoperan gigi pada saat berada di RPM 1.500 hingga 2.200. Sedangkan bagi mobil yang menggunakan mesin diesel maka sebaiknya melakukan pengoperan gigi pada saat RPM 1100 hingga 2000.
4.       Pastikan Ban Memiliki Kecukupan Udara
Akan terjadinya gesekkan yang lebih besar pada saat ban mobil kurang angin, terlebih antara ban mobil dengan jalan. Sehingga nantinya akan berkurangnya traksi ban dan akan semakin terbebaninya mobil. Konsumi bahan bakar minyak akan lebih hemat 5 hingga 20 % pada saat terjaganya tekanan angin pada ban.
5.       Memilih Bahan Bakar Yang Berkualitas
Dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas maka akan membantu kita untuk bisa menghemat BBM. Pilihlah bahan bakar dengan nilai oktan yang akan sesuai dengan kebutuhan mobil.
6.       Jika Tidak Terlalu Dibutuhkan Tidak Menyalakan AC
Kesejukan didalam mobil akan dapat kita peroleh dari AC, tetapi jika penggunaan AC ini tidak terlalu penting maka sebaiknya AC dimatikan saja. Karena mesin akan terbebani pada saat AC sedang diaktifkan. Pada saat itu beban yang harus ditanggung mesin tidak sedikit, terlebih pada saat AC diset pada suhu yang paling rendah. Jika memang memerlukan penggunaan AC maka aturlah suhu AC pada 22O hingga 23O C. Dengan melakukan hal itu maka mesin akan menanggung beban yang sedikit berkurang.
Itulah beberapa tips yang wajib diketahui pengemudi untuk menghemat BBM. Selain itu masih ada tips yang lainnya yaitu dengan melakukan pengereman dengan engine break. Dengan melakukan ini maka akan lebih hematnya penggunaan BBM dan rem juga akan hemat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Beberapa Tips Yang Wajib Diketahui Pengemudi Untuk Menghemat BBM"

Posting Komentar