Jangan Salah Pilih Warna untuk Website blog kamu, Bisa-bisa Pembaca Ogah Baca Lagi

Jangan Salah Pilih Warna untuk Website blog kamu, Bisa-bisa Pembaca ogah baca lagi
Pernah tidak kalian menemukan halaman website atau website blog yang tidak enak dilihat. Tulisannya sulit dibaca atau malah pedih dimata karena susah dibaca. Salah satunya karena salah memilih warna. Niatnya ingin menarik malah membuta mata pembaca lebih cepat lelah. Nah para bloger nih perlu tahu bahwa perpaduan warna pada halaman website blog kita harus dibuat sedemikian rupa supaya pembaca betah. Gak mau kan pembaca anda hanya sekali klik doang langsung kabur.
Nih ada beberapa tips untuk memilih dan memadu warna pada website blog anda enak dilihat. Pastinya pengunjung website blog kamu juga semakin banyak. Lihat ini deh.


1.       Pilih warna Brand.
Jika website blog anda adalah situs jualan atau anda sudah punya brand ya gunakan warna brand anda. Karena itu akan jadi identitas dari website blog anda sesuai branding yang kamu buat. Dengan begitu pula blog dan brand kamu nyambung karena punya identitas yang sama. Pokoknya jangan gunakan warna jauh dari identitas bran kamu.

2.       Sesuaikan pemilihan warna dengan calon pembaca.
Baik situs jualan produk maupun media sharing lainnya perlu mengenal siapa pembaca anda. Karena setiap kelompok pengunjung sebagai target pasar anda memiliki ketertarikan pada warna tertentu. Misalkan dilihat dari usia dan jenis kelamin pembaca anda. Warna-warna ceria atau menteren tepat pada situs produk pakaian anak-anak dibandingkan situs konsultasi akuntan. Karena untuk situs profesional seperti akuntan dan jenis lainnya lebih baik menggunakan warna tegas atau lebih elegan. Dengan demikian blog anda dapat lebih efektif karena diterima pembaca.

3.       Terapkan psikologi warna.
Warna mampu memberi pengaruh pada pikiran seseorang. Karenanya warna penting untuk dipikirkan dengan baik sebagai penghias blog anda. Warna-warna cerah yang panas yang lebih efektif menarik perhatian. Mata pembaca secara tidak sadar akan menaruh minat lebih pada warna tersebut. Anda dapat memadu pdankan warna pada blog. Jadi tidak hanya menggunakan satu warna saja. Dengan perbandingan 60:30:10 untuk warna dasar atau warna dominan: warna sekunder: warna pelengkap atua sekadar sebagai aksen tambahan.

4.       Penting Memastikan warna teks.
Pemilihan warna teks atau font juga perlu diperhatikan. Pertama jangan sampai susah payah mengatur warna blog tapi salah atau lupa mengatur warna tulisan. Ini dapat berakibat fatal. Kuncinya dalam mimilih warna tulisan adalah harus sekontas mungkin dengan warna baground ata warna desain website anda. Karena jika tidak pembaca tidak bisa membaca tulisan pada website blog anda. Gunakan warna tulisan gelap untuk pengaturan warna background yang terang. Sebaliknya pilih warna tulisan yang terang jika pengaturan beckground anda berwarna gelap. Gampang bukan?
5.       Sering lihat website blog lain sebagai referensi.
Penting untuk anda belajar dari pengalaman sendiri. Dengan sering melihat website milik orang lain anda dapat mengambil pelajaran dan belajar dari kesalahan mereka. Tidak masalah tentu saja karena masa iya anda mengulang kesalahan mereka.
Jangan lakukan pemilihan warna pada website anda hanya karena itu warna kesukaan anda. Kecuali anda tidak mengharapkan banyak pembaca. Karena selera anda kan belum tentu disukai orang lain.

Nah itu tadi sedikit tips memilih dan memadupadankan warna pada blog anda. Ingat semakin ciamik website blog anda dibuat semakin banyak pengunjungnya dan tentu saja untuk bagi anda yang melakukan usaha dengan website blog.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Salah Pilih Warna untuk Website blog kamu, Bisa-bisa Pembaca Ogah Baca Lagi"

Posting Komentar