Segera Pakai Toga, 5 Tips Dan Trik Skripsi Lancar

Segera pakai toga, 5 tips dan trik skripsi lancar
Skripsi merupakan salah satu syarat untuk bisa menggunakan toga. Tak jarang juga yang menganggap tugas terakhir sebagai mahasiswa ini, menjadi monster yang sangat menyeramkan. Draf yang dicoret dosen sambil dimarahi, proses penelitian yang tak sesuai literatur, hasil penelitian yang tak sesuai teori, serta pembantaian di ruang sidang menjadi bumbu- bumbu crita keberhasilan menyelesaikan kuliah. Namun tak jarang mahasiswa yang berfikir pendek dengan melambaikan tangan, dan meninggalkan bangku kuliah tanpa gelar sarjana. Sebenernya proses ini hanya seperti kerikil-kerikil kecil, jika anda bisa menyiasatinya maka gelar sarjana pun bisa diraih dengan mudah. 


Bagi anda yang akan atau sedang bertempur di medan skripsi, berikut tips dan trik yang langsung dijamin bikin semangad empat lima:

1. Pilih tema sesuai hati, jangan terlalu perfeksionis
Tema penelitian yang sesuai hati dapat mengulik rasa penasaran, sehingga anda melakukannya tanpa beban. Bila ditengah perjalanan anda menemui hambatan, maka tak akan stress dan menanggap sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. Selain itu, tanggalkan sifat perfeksionis anda, dengan menginginkan skripsi yang sempurna. Sebab didunia ini tak ada yang sempurna. Belum tentu juga dosen anda memiliki pendapat yang sama, sehingga ujung-ujungnya anda harus melakukan revisi. Jadi lebih baik kerjakan sedikit demi sedikit dan sempurnakan bersama dosen anda.

2. Bikin jadwal, dan lakukan kegiatan sesuai dengan skala prioritas
Jadwal yang sudah dibikin bisa sebagai pengingat anda apa saja yang harus dilakukan setiap harinya. Dengan kegiatan yang lebih teratur, maka sediki demi sedikit target skripsi akan bisa terselesaikan tepat waktu. Bahkan terkadang saking fokusnya, anda merasa hari terlewati dengan cepat. Namun kadangkala, komitmen tersebut tergoda dengan film-film bioskop terbaru, ajakan teman buat berburu baju branded dengan harga miring, atau sekedar bermain sosial media. Nah, disini anda harus kuat iman ya. Pilihlah kegiatan yang memang menjadi prioritas utama dan jadikan hiburan tersebut sebagai reward atas keberhasilan anda.

3. Hiasi kamar dengan slip SPP dan foto impian
Kamar anda dengan hiasan slip SPP, bisa menjadi motivasi agar segera menyelesaikan skripsi anda. Skripsi molor artinya anda harus bayar uang spp lagi. Dan disini berarti orangtua harus mengeluarkan kembali biaya kuliah anda. Tentunya anda tak mengharapkan hal ini terjadi pada orang tua. Bagi anda yang bayar kuliah sendiri, bisa dengan menanamkan mindset, daripada merogoh kocek buat bayar spp lagi mending buat traveling. Selain slip spp  anda juga bisa menempel foto impian, seperti foto anda yang sudah diedit dengan memakai toga unik, foto destinasi wisata setelah wisuda, negara untuk lanjut S2. tempat liburan setelah wisuda atau foto pacar yang harus segera dilamar. Jangan sampai gara-gara skripsi anda molor, pacara anda pun melayang ke orang lain.

.
4. Berguru pada orang berpengalaman dan mencari teman seperjuangan
Kadangkala ketika proses pengerjaan skrpsi menemui titik buntu. Teori yang ada tak sesuai dengan penelitian, sedangkan dosen sedang sibuk. Tak perlu bersedih hati anda bisa sharing dengan orang yang berpengalaman. Misalkan saja, kakak alumni yang memiliki tema penelitian sama. Selain itu, anda bisa membentuk kelompok penelitian sebagai teman seperjuangan. Dengan adanya teman, anda tak merasa sendiri saat menghadapi kesulitan. Kelompok ini juga bisa saling memotivasi, dan saling membantu untuk urusan administrasi.

5.  Doa ekstrim dan minta doa restu orangtua
Apakah anda sudah berusaha seratus persen namun tetap saja skripsi macet swperti ada sikomo lewat? Kalau begitu coba anda melakukan doa yang ekstrim. Didunia ini, Tuhan YME adalah penguasa atas segala hal dan pembuka jalan bagi kesulitan para hambanya. Percayalah dengan kekuatan doa dan usaha maksimal skripsi anda akan berjalan lancar. Selain itu mintalah doa restu orang tua. Sebab paling sakti mandraguna adalah doa orangtua. Tak perlulah pergi ke dukun sakti dan minta aji pamungkas agar segera memakai baju wisuda.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Segera Pakai Toga, 5 Tips Dan Trik Skripsi Lancar"

Posting Komentar