Tidur Terlalu Larut Membahayakan Kesehatanmu

Tidurterlalularutmembahayakankesehatanmu
Tiduradalahkebutuhanpokokmanusiauntukberistirahat. Menurutbeberapaahlitidurmerupakanhal yang paling pentingdibandingkandenganmakanan.  Manusiaakandapatbertahanlebih lama tanpamakanandibandingkanbertahanhiduptanpatidur. Manusiadapatbertahanhidupselama 40 haritanpamakanansedangkantanpatidurmanusiahanyaakanbertahanselama 11 harisaja. Hal inimenunjukanbahwamanusiadapatbertahanlebih lama tanpamakanan, karenaadanyacadangan lemak pada setia; tubuhmanusia, sedangkantidurmanusiatidakdapatbertahanbegitu lama tanpatidur. Karena dengantidurotak dan organ manusiaakanberistirahat, bagi orang yang tidaktidur. Otak dan organnyaakanterusbekerjatanpaberistirahat.
Beberapapendapat para ahlitentangtidursendirisangatlahbanyak, ada yang berkatabahwatiduradalahkondisibawahsadarmanusia. Dan ada juga yang mengatakanbahwatiduradalah proses fisiologis yang bergantiansiklus dan memilikiperiode yang lebih lama daripadaketerjagaan. Atauada juga yang mengatakanvahwatiduradalahkondisitidaksadarkandiridenganurutansiklus yang berulang yang adanyapenurunanrespondalammenanggapirangsangandariluar.


Hal diatasmendeskripsikanbahwatidursangatlahpenting, sehinggadengantidurlarutmalam dan kurangnyakitatidurdapatmenimbulkanbeberapadampakburukbagidirikita, contohnya
1.       Kesehatanmenurun
Tidurdapatmemperlancarperedarandarah, sehinggaapabilakitakurangtidurmakaperedarandarahdalamtubuhakansangatterhambat dan bisamenimbulkanbeberapagangguankesehatanserius. Seperti, darahtingi, jantung, stroke, diabetes dan lainnya
2.       Kesehatankulitmenurun
Pada saattubuhkurangtidurtubuhakanmengsekresi (mengeluarkan) hormone kortisolatau yang disebut hormone stress. Sehingga hormone kortisoldalamjumlah yang berlebihakanmembuathilangnyakolagen pada kulitsehinggadapatmenyebabkankeelastisan pada kulitmenghilang dan akanterjadinyakerutan pada wajah, dan akanterjadinyakekusaman pada kulit.
3.       Pelupa

Dengankurangtidurotaktidakmengalami “sharp wave ripples” dimanaotakbekerjamemperkuatingatanjangka panjang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tidur Terlalu Larut Membahayakan Kesehatanmu"

Posting Komentar